Perawatan Rumah

Sudah bisa dipastikan ketika Kita mengecat dinding bakal ada tumpahan cat yang menempel di lantai. Hal ini kadang bisa menjengkelkan karena untuk menghilangkan tumpahan cet ini butuh waktu yang lama, apalagi kalau sudah kering.

Tapi Kamu gak usah bingung, ada langkah-langkah yang bisa Kamu tempuh untuk menghilangkan cat di lantai, dan ini pun berlaku untuk semua jenis.

Yang harus Kamu ketahui adalah berhati-hati ketika menghilangkan cat di lantai, terutama untuk yang berlapis kaca supaya tidak gampang rusak. Langsung saja, berikut cara yang harus dilakukan:

1. Bersihkan cat ketika masih basah

Untuk membersihkan cat baru yang menempel di ubin, Kamu butuh perlengkapan seperti kain lembap atau spons, sabun cuci piring, dan pelarut (pengencer atau alkohol).

Pertama-tama, rendamlah kain atau spons dalam air dan memerasnya untuk kemudian membersihkan cat dengannya. Kamu harus membilas kain atau spons dari waktu ke waktu ketika menyeka cat. Jika noda cat masih membandel, maka Kamu bisa menggunakan pelarut.

Perlu diketahui, ada banyak varian pelarut. Tetapi, semuanya tergantung pada jenis cat yang Kamu pakai. Misalnya, jika cat yang Kamu gunakan berbahan dasar air, maka Kamu cukup menggunakan sabun cuci piring dan air. Apabila catnya berbahan dasar minyak, disarankan Kamu menggunakan alkohol, pengencer, atau spiritus.

Ketika membersihkan cat yang masih basah, pakailah bahan non-abrasif agar dapat terhindar dari kerusakan lantai. Contoh beberapa bahan abrasif di antaranya adalah bantalan wol, kain gosok baja, dan pembersih dengan amonia.

2. Kikis cat kering

Ketika cat sudah kering, Kamu bisa membersihkannya dengan cara dikikis. Gunakanlah pengikis plastik atau pisau, jangan asal menggunakan benda logam karena malah bisa merusak lantai.

Perlengkapan lain yang Kamu butuhkan adalah kain lembab, sabun, air, dan masker debu. Ingat, cat adalah bahan kimia berbahaya karenanya Kamu harus melindungi diri.

Sebenarnya, pengikis berbahan plastik pun masih dapat menimbulkan kerusakan pada ubin, maka ketika Kamu melihat glasir mengelupas Kamu harus menggunakan cara lain untuk membersihkannya. Tapi kalau glasirnya masih utuh, ya gosok aja terus sampai hilang. Sisa-sisa residunya bisa Kamu bersihkan dengan kain lembab, sabun, dan air.

3. Panaskan dan gosok cat kering

Cara ini memungkinkan untuk dapat menghilangkan cat tanpa merusak lantai. Tetapi, Kamu harus menyiapkan sepasang sarung tangan karet, senapan panas, pengikis plastik, pisau serbaguna, dan kain lembab.

Gunakan senapan panas untuk melembutkan cat, setelah cat menjadi lunak dan longgar Kamu bisa mulai mengikisnya dengan lembut dari tepi luar menuju ke tengah.

Selain itu, Kamu juga harus menyeka permukaan yang digores dengan kain lembab. Dalam metode ini Kamu disarankan untuk memakai masker agar terhindar dari asap berbahaya. Jangan lupa untuk membuka jendela rumah agar sirkulasi udara lebih lancar.

4. Gunakan penghapus cat alami

Kamu harus menggunakan penghapus cat alami untuk membersihkan cat pada ubin yang memiliki lapisan lembut. Cara sederhana ini bisa Kamu lakukan dengan mencampurkan cuka putih dan air dengan perbandingan yang sama.

Kamu juga bisa menggunakan rebusan larutan cuka dan soda kue. Rendam kain dalam larutan tersebut, lalu letakkan kain di permukaan ubin yang dicat. Baru kemudian Kamu bisa menggosok ubin dengan sikat secara lembut. Ingat, pastikan larutan tersebut tetap panas agar mendapatkan hasil yang efektif.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply