Dinding berjamur adalah masalah yang sering kali Kita temui di rumah-rumah, terutama untuk rumah yang berada di daerah dengan curah hujan yang tinggi. Keberadaan jamur ini ternyata tak hanya berdampak pada segi estetika, tapi juga pada kesehatan keluarga Kamu lho.

Beberapa jenis jamur berpotensi menghasilkan mikotoksin, zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi, asma, dan komplikasi pernapasan lainnya terutama bagi orang lanjut usia dan anak kecil.

Jamur bisa tumbuh di area lembap mana saja seperti dinding, lantai, dan langit-langit, terutama pada bagian rumah yang dibiarkan kosong begitu saja untuk waktu yang cukup lama.

Berikut adalah sejumlah tips yang bisa Kamu terapkan untuk membantu rumah tetap bersih dan sehat agar dapat meminimalisir serangan jamur seperti dilansir dari True Value.

1. Masalah Rembesan Air

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan America Serikat (EPA), tak ada cara yang dapat menghilangkan jamur dan spora jamur di dalam ruangan. Tetapi, yang bisa Kamu lakukan adalah mengontrol kelembapan dalam ruangan.

Kamu harus memperbaiki masalah instalasi air terutama soal kebocoran. Pasalnya, jamur akan tumbuh lebih cepat pada area yang terkena rembesan air akibat adanya kebocoran pipa. Dengan begitu, bersihkan dan keringkan area bangunan yang lembap atau basah agar pertumbuhan jamur bisa dicegah.

2. Kurangi Kelembapan

Spora jamur akan lebih mudah tumbuh apabila ruangan dalam rumah semakin lembap. Cobalah untuk meningkatkan ventilasi rumah agar udara tidak menjadi hangat sehingga kelembapan pun berkurang.

Perbanyak ventilasi pada area-area yang rentan serangan jamur seperti dapur, kamar mandi, tempat mesin cuci. Kamu juga bisa menggunakan AC atau exhaust fan untuk mengurangi kelembapan udara.

3. Menghilangkan Jamur

Bagian rumah yang terinfeksi jamur bisa Kamu lihat dari bercak hitam, putih, atau kebiruan. Jamur pun juga bisa tumbuh subur pada bahan organik yang tak jauh dari area yang tertutup jamur, seperti kotak kardus atau karpet.

Pindahkan barang-barang yang terkena jamur dari dinding lalu mulailah melakukan pembersihan. Ada banyak produk yang bisa Kamu gunakan untuk membunuh jamur, salah satunya dengan pemutih pakaian.

Larutkan cairan pemutih dan air dengan perbandingan 3:1, lalu gosok bagian dinding bangunan yang berjamur dengan sikat yang sudah diberikan larutan pemutih sampai noda jamur hilang.

Jika infeksi jamur sudah parah, Kamu bisa mendiamkan larutan tersebut tetap menempel di dinding selama beberapa menit sebelum Kamu menggosoknya.

Setelah Kamu selesai menggosoknya, keringkan dengan handuk dan periksa permukaan apakah ada pertumbuhan jamur yang mungkin terlewat.

Kemungkinan besar akan terdapat beberapa noda di dinding bahkan setelah jamur sudah Kamu hilangkan. Kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan penghilang noda jamur, yang tersedia di toko bahan bangunan.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply