Perawatan Rumah

Lemari dapur apalagi yang berbahan kayu merupakan salah satu perabotan yang mudah kotor dan kehilangan kilapnya seiring waktu berjalan. Pasalnya, lemari dapur rentan sekali terpapar noda baik noda yang berasal dari makanan maupun cipratan minyak goreng.

Jika lemari dapurmu sudah tampak kusam, segeralah untuk membersihkan dan memoles lemari tersebut secara menyeluruh agar lemari dapur tampak baru kembali. Kamu pun tak perlu merogoh kocek buat beli cairan pembersih yang mahal. Kamu cukup memanfaatkan bahan-bahan dapur yang harganya terjangkau.

Bahan pertama yang bisa Kamu gunakan adalah cuka putih. Campurkan cuka putih ke dalam air panas dengan perbandingan yang sama. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalamnya.

Cuka dan air panas akan membantu mensterilkan lemari dapur serta menghilangkan lemak dan kotoran, sedangkan minyak zaitun akan membuat lemari menjadi berkilau.

Caranya adalah cukup celupkan spons atau lap bersih ke dalam larutan cuka. Lalu gosok permukaan luar dengan lembut untuk menghilangkan kotoran.

Jika ternyata masih ada noda yang membandel, Kamu bisa membersihkannya dengan soda kue. Caranya adalah dengan mencampurkan sedikit air dan soda kue hingga berbentuk kental seperti pasta. Oleskan pasta tersebut menggunakan kain bersih ke bagian lemari yang masih memiliki noda membandel dan berminyak. Gosok permukaan lemari dengan lembut.

Kemudian, bilas permukaan lemari dapur menggunakan kain basah secara menyeluruh. Ingat, pastikan Kamu membilasnya dengan air bersih. Jangan lupa juga keringkan lemari yang sudah Kamu bersihkan dengan kain bersih agar tidak ada jamur yang muncul kemudian hari.

Untuk finishing-nya adalah adalah dengan memoles bagian luar lemari dengan cat kayu bebas lilin dan silikon. Cara ini juga berguna untuk membuatnya berkilau dan menonjolkan keindahan kayu lemari.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply