Jamur yang tumbuh pada material kayu di rumah harus sesegera mungkin dibasmi. Pasalnya, membiarkan jamur tumbuh begitu saja dapat menimbulkan risiko kesehatan buat Kamu dan keluarga. Kamu bisa mengikuti tips-tips berikut ini untuk membasmi jamur pada kayu, cekidot skuy!

Persiapan

Siapkan dulu semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat-alat yang dimaksud ialah mulai dari baju dan celana panjang, masker, sarung tangan karet, kuas scrub berbulu halus, spons, kain lembut, hingga vacuum cleaner yang dilengkapi dengan HEPA filter.

Sedangkan untuk bahan pembersih yang perlu disiapkan adalah air, sabun cuci piring, pembersih kayu, cuka putih, pemutih klorin, hingga sealer atau cat bila diperlukan.

Kenakan Peralatan Pelindung

Kenakan pakaian pelindung yang sudah disiapkan, baiknya Kamu memakai pakaian lama saja lantaran percikan pemutih akan menjadi noda permanen. Oh ya, jangan lupa juga kenakan masker dan sarung tangan karet.

Jika memungkinkan, pindahkanlah kayu yang dipenuhi jamur ke luar rumah ketika membersihkannya untuk mencegah penyebaran spora di dalam ruangan.

Namun, jika tetap harus berada dalam ruangan, maka tutup pintu atau gunakan terpal plastik untuk melindungi area lain.

Gunakan Vacuum Cleaner

Vacuum Cleaner atau penyedot debu yang dilengkapi filter HEPA direkomendasikan untuk menangkap spora jamur. Ketika sudah banyak menyedot jamur, kosongkan dan bersihkan tabung penyedot debu. Atau Kamu juga bisa mengeluarkan kantong dari luar dan menutup isinya dalam kantong plastik sebelum membuangnya ke tempat sampah.

Cucilah Kayu

Jika jamur muncul pada kayu yang dicat seperti pintu atau lapisan kayu yang disegel seperti lantai, awalilah dengan mencuci permukaan menggunakan deterjen pencuci piring cair dan larutan air.

Larutkan 1 sendok makan deterjen dengan 1 liter air. Pakai sikat berbulu halus untuk menggosok permukaan. Cobalah untuk tidak menjenuhkan kayu, dan pakailah spons untuk menghilangkan kelebihan air ketika Kamu membersihkan.

Cuka Putih untuk Noda Jamur Tidak Parah

Kamu bisa menggunakan cuka putih untuk membasmi jamur kecil yang tak menembus kayu atau meninggalkan noda parah. Gunakan botol semprot untuk melapisi kayu dengan cuka, diamkan mengering paling tidak sekitar 1 jam. Jika sudah tak ada lagi noda yang tersisa, gunakan cairan pembersih kayu dan gosok permukaannya menggunakan kain lembut.

Pemutih Klorin untuk Noda Jamur yang Sulit

Jika jamur yang tumbuh sangat kuat dan meninggalkan noda bahkan setelah menggunakan cuka. Saatnya untuk menggunakan pemutih klorin.

Larutkan 1/2 cangkir pemutih klorin, 1 sendok makan deterjen pencuci piring, dan 1 cangkir air hangat. Oleskan larutan tersebut menggunakan sikat berbulu lembut, dan diamkan agar mengering. Lalu, akhiri dengan menggosok menggunakan kain lembut.

Catatan Pembersihan Terakhir

Jika ternyata noda jamur masih tersisa, maka permukaan kayu tersebut perlu diamplas untuk menghilangkan spora yang telah masuk ke dalam kayu. Usai pengamplasan dan penyedot debu, kayu harus dipoles ulang atau disegel untuk membantu mencegah kerusakan di masa yang akan datang.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.