Kemunculan noda kuning pada plafon minimalis di rumah bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Tetapi, yang paling sering adalah karena adanya rembesan air. Masalah ini harus sesegera mungkin Kamu atasi agar tak menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada plafon minimalis.

Berikut langkah-langkah yang bisa Kamu tempuh untuk membersihkan atau menghilangkan noda kuning pada plafon minimalis di rumah.

1. Identifikasi dan perbaiki penyebabnya

Pertama-tama yang Kamu lakukan untuk mengatasi noda kuning akibat rembesan air adalah menemukan terlebih dahulu sumber kebocorannya. Jika sumber masalahnya ada di atap rumah, maka temukan bagian atap rumah yang bocor dan segera perbaiki. Jika tak mungkin ditambal, maka mau tidak mau harus diganti.

Apabila sumber kebocorannya dari kamar mandi lantai atas, maka ganti dempul lama yang seringkali menjadi biang kerok kebocoran. Jangan lupa untuk membersihkan saluran air yang tersumbat dan toilet yang meluap karena bisa lantai kamar mandi.

2. Bersihkan noda

Setelah sumber masalahnya teratasi, selanjutnya adalah menghilangkan noda kuning di plafon. Kamu bisa membersihkan noda kuning tersebut dengan larutan air hangat dan pemutih. Larutan ini ampuh memudarkan noda serta menghilangkan kotoran, jamur, minyak, atau debu yang tersisa

3. Aplikasikan cat primer

Cat yang paling baik untuk menjadi lapisan dasar penutup noda di plafon adalah cat primer yang berbasis minyak dan tahan jamur.

Mungkin Kamu akan tergoda untuk menggunakan cat lateks (cat yang umum digunakan untuk plafon) langsung di atas noda air. Tetapi itu bukanlah pilihan yang baik lantaran cat lateks larut dalam air.

Ketika noda air bertemu dengan cat lateks, noda akan larut ke dalam lapisan cat basah. Ketika cat sudah kering, kandungan mineral noda yang berubah warna terlihat melalui cat di atas permukaan plafon.

4. Tutupi dengan cat plafon

Setelah Kamu mengaplikasikan cat primer untuk menutupi bagian yang terkena noda, selanjutnya adalah melapisi kembali area tersebut dengan cat plafon.

Cat primer membuat area yang ditutupi sebelumnya menjadi lebih terang sehingga Kamu harus mengecatnya kembali agar warnanya sesuai dengan area sekitarnya.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.