Tak hanya rapi dan tertata, tetapi kehadiran plafon minimalis juga bisa membuat rumah menjadi terasa lebih sejuk. Hanya saja, apa jadinya nanti kalau plafon di rumah Kamu terdapat noda berwarna kuning ? Tentunya hal ini bakalan sangat mengganggu secara estetika. Bakal gak enak banget dilihat.

Ternyata, ada beberapa hal yang menyebabkan plafon minimalis di rumah Kamu memiliki noda kuning yang cukup mengganggu. Yang paling sering adalah disebabkan oleh rembesan atau tetesan air.

Ketika air keluar dari batas pipa atau masuk dari bagian luar rumah, secara bertahap kelembapan akan merembes ke permukaan berpori apa pun yang ada di dekatnya. Akhirnya, kelembapan semakin menumpuk dan merusak permukaan plafon, bahkan bisa sampai tembus ke sisi lain.

Rembesan air tersebut dapat menggelapkan material plafon, bahkan kerapkali mengarah ke warna coklat kekuningan dengan batasan yang jelas pada permukaan yang lebih terang.

Air bisa masuk ke langit-langit rumah dengan berbagai cara. Jika pipa yang posisinya dekat plafon bocor, maka air bisa merembes.

Hal yang sama juga bisa terjadi jika Kamu memiliki kamar mandi di lantai atas yang posisinya persis di atas plafon. Rembesan air dari kamar mandi bisa masuk ke lantai kamar mandi dan turun ke plafon di bawahnya.

Yang kedua adalah disebabkan oleh asap rokok. Tak hanya bisa membuat gigi Kamu berwarna kuning kecokelatan, tetapi ternyata asap rokok juga bisa menodai dinding, langit-langit, dan permukaan lain yang dapat menyerap asap tersebut.

Jika Kamu seorang perokok aktif yang sering merokok di rumah, maka besar kemungkinan noda kuning akan muncul pada plafon rumahmu. Sayangnya, noda kuning ini tak mudah untuk dihilangkan. Mungkin Kamu bisa menutupinya dengan cat, tetapi kelembapan dan aroma tak sedapnya tak akan hilang.

Yang terakhir adalah karena disebabkan oleh jamur. Kerapkali langit-langit yang berjamur berkaitan langsung dengan air. Pasalnya, jamur berkembang dan tumbuh subur di lingkungan yang lembap dan hangat.

Perlu diketahui, tak semua jamur akan tampak kuning. Ada beberapa jenis jamur yang berwarna putih, hitam, hijau, coklat, dan abu-abu. Kamu harus segera mengatasi masalah ini apabila memang jamur yang menjadi biang keroknya lantaran dapat menyebabkan masalah kesehatan terutama pada pernapasan.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.