Mau Pakai Lantai Beton di Rumah? Ini Lho Kelebihan dan Kekurangannya

Jaman sekarang ini sudah banyak sekali pilihan penutup lantai yang beredar di pasaran. Salah satunya adalah lantai beton. Meski belum begitu populer khususnya untuk penggunaan di area perkotaan, lantai beton menawarkan tampilan yang estetik lho.

Nah, sebelum Kamu menggunakan lantai beton di rumah, ketahui dulu apa saja plus minus-nya seperti dilansir dari laman HGTV.

Kelebihan Lantai Beton

1. Ongkos pemeliharaan rendah

Lantai beton sangat tahan lama dan gampang dirawat. Kamu cukup menggunakan cairan sealant agar lantai terbebas dari noda, tumpahan, dan benturan keras. Untuk membersihkannya pun cukup mudah, Kamu cukup menyapu dan mengepel basah minimal sekali sehari.

2. Banyak ragam pilihan desain

Sekarang ini tersedia berbagai macam teknik modern finishing lantai beton. Hal ini bisa menyulap tampilan lantai beton yang biasa saja menjadi lebih mewah. Memberikan pewarna ketika beton basah dicampur bisa menghasilkan lantai beton dalam berbagai macam warna.

Untuk menambahkan tekstur, Kamu bisa mengecap lantai beton dengan stensil karet. Tak hanya tambahan pewarna, lantai beton juga bisa dibikin meniru batu bata, batu alam, dan ubin keramik.

3. Eco Friendly

Dalam proses pembuatannya, lantai beton membutuhkan lebih sedikit energi ketimbang jenis lantai lainnya, sehingga tidak menghabiskan sumber daya alam.

Lantai beton sangat baik untuk kualitas udara dalam ruangan lantaran dapat menghambat jamur dan bau serta tidak mengandung VOC yang memiliki potensi bahaya. Permukaan beton dapat menyerap udara di sekitar dengan baik sehingga dapat meminimalkan kebutuhan akan pemanas dan pendingin ruangan.

Kekurangan Lantai Beton

1. Permukaan keras

Lantai beton memiliki permukaan yang keras sehingga bakal tak nyaman ketika diinjak tanpa menggunakan alas kaki. Hal ini pula yang membuat benda gelas atau keramik yang jatuh kemungkinan besar akan pecah. Tentunya hal ini menjadi sangat berbahaya apalagi jika terdapat anak-anak di dalam rumah.

Salah satu yang bisa Kamu lakukan untuk mengakalinya adalah dengan memasang karpet di atas lantai beton sehingga dapat membantu membuat ruangan menjadi semakin nyaman.

2. Gampang retak 

Suka tak suka, beton yang dipasang dengan baik pun seiring waktu dapat mengalami keretakan. Pasalnya, lantai beton tak tahan terhadap perubahan suhu yang ekstrim serta kelembaban yang berlebihan. Untuk mengakalinya Kamu bisa menggunakan pasta semen berwarna dan bahan penambal untuk membantu menyamarkan retakan.

Disadur dari kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *