Pembiayaan Properti

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) mewartakan tahun ini ada sebanyak 6 proyek pembangunan rumah susun (Rusun) dengan total nilai investasi sebesar Rp34,03 triliun.

Dalam laporannya, Herry Trisaputra Zuna selaku Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR menerangkan bahwa hanya tersisa 1 proyek yang masih dalam tahap penyiapan, sedangkan 5 lainnya sudah masuk dalam tahap transaksi dengan total nilai investasi Rp33,63 triliun.

“Untuk sektor perumahan memang masih dalam proses piloting. Saat ini yang masih dalam penyiapan adalah Rusun di kota surabaya Tambak Wedi,” terangnya dalam agenda rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi V, dikutip Selasa 11/7/2023).

Secara lebih detilnya, Pemda Surabaya nantinya bakal berperan sebagai penanggung jawab proyek kerja sama (PJPK) dalam pembangunan Rusun Kota SurabayaTambak-Wedi. Total investasi Rusun Tambak Wedi ini sebesar Rp 400 miliar yang mencakup pembangunan 3 tower dengan 1.080 unit.

Kemudian, untuk 5 proyek yang sudah masuk ke dalam tahap transaksi, yaitu 5 tower (1.879 unit) Rusun Cisaranten Bina Harapan Kota Bandung dengan nilai ivestasi sebesar Rp 600 miliar. 

Lalu, Rusun Sewa Karawang Spuur dengan nilai investasi sebesar Rp 400 miliar. Rusun ini nantinya bakal mempunyai 2 tower utama dengan 1.175 unit. Di samping itu, pemerintah juga bakal mendirikan 1 tower Rusun Terintegrasi KEK SEI Mangkei yang terdiri dari 212 unit dengan nilai investasi sebesar Rp160 miliar.

Selanjut, ada Rusun IKN Hankam WP 1A dan Rusun ASN 1B – 155 Tower dan Rusun IKN North Government WP 1A – 6 Tower yang memiliki nilai investasi masing-masing sebesar Rp30,8 triliun dan Rp1,67 triliun.

Lebih lanjut, terdapat 4 proyek meliputi Rusun Kota Surabaya – Tambak Wedi, Rusun Cisaranten Bina Harapan Kota Bandung, Rusun Sewa Karawang Spuur dan Rusun Terintegrasi KEK Sei Mangkei bakal digarap menggunakan skema pembangunan menjadi prakarsa pemerintah (solicited project).

Sedangkan dua sisanya, yaitu Rusun IKN Hankam WP 1A dan Rusun ASN 1B – 155 Tower dan Rusun IKN North Government WP 1A – 6 Tower bakal didirikan menjadi prakarsa badan usaha (unsolicited project). 

Disadur dari bisnis.com

Leave A Reply