Pembiayaan Properti

Iwan Suprijanto selaku Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan bilang, ada proyek 47 gedung apartemen buat ASN, TNI/Polri di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang baru aja diteken kontraknya, tepatnya Jumat (25/8/2023) kemarin.

“Baru saja tadi, barusan saja terkontrak,” kata Iwan dalam konferensi pers Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2023 di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta.

Proyek itu dapetin duit dari kas negara sekitar Rp 9,4 triliun. Nah, Iwan jelasin lebih detail, duit dari APBN buat proyek ini tahun 2023 sekitar Rp 3,7 triliun, sisanya sekitar Rp 5,7 triliun di tahun 2024.

Nah, proyek ini nanti bakal dilakuin sama BUMN sama pihak swasta dalam bentuk kerja sama. Karena gak punya banyak waktu, mereka targetin mau mulai kerja di pertengahan September 2023, jadi nanti bisa dilakuin groundbreakingnya.

“Ini langsung kerja, hari ini sudah pre-Pre Construction Meeting (PCM), Sabtu-Minggu sudah diproses langsung PCM dan Senin sudah ada langsung pembekalan dari saya, lanjut kepada workshop perencanaan,” tambah Iwan.

Jadi, mereka punya rencana biar pada bulan Juli 2024 udah ada 12 tower apartemen buat ASN yang udah jadi dan udah ada furniturnya. Udah pernah dibilang juga sama Menteri PUPR, Pak Basuki Hadimuljono, waktu yang lalu gitu.

“Direncanakan Juli (2024) 12 tower akan selesai dan furnished, sehingga bisa segera ditempati secara bertahap oleh ASN yang ditugaskan di IKN,” ucap Basuki, saat ditemui usai konferensi pers Nota Keuangan dan RAPBN Tahun 2024, di Kantor Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Nah, buat rencana yang dekat-dekat ini, mereka harap bisa lihat progress pembangunan 2-3 tower rusun ASN di IKN pas bulan Oktober 2023. Itu kan sebulan setelah mereka mulai ngerjain pembangunan.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply