Pembiayaan Properti

Pembangunan rumah buat warga lewat Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang dikerjain bareng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sama Pramuka sukses bangun 15 rumah layak huni di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Sebagian warga kurang mampu di Cibinong yang dikasih bantuan BSPS ini berharap pemerintah ngelanjutin program ini buat naikin kualitas rumah mereka.

Ida Farida, salah satu warga yang dapat bantuan BSPS di Karadenan, Cibinong, Bogor, bilang program ini berhasil menyulap rumahnya yang dulunya enggak layak jadi lebih oke buat ditinggali. Nenek 60 tahun yang jualan kerupuk mie ini dulunya tinggal sama cucunya di rumah yang kurang kondusif.

Pembangunan rumah buat Ida dan warga di Karadenan Cibinong dilaksanain sama Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Jawa Barat Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Direktorat Jenderal Perumahan.

Kementerian PUPR juga kerja bareng sejumlah pihak termasuk Pramuka yang baru-baru ini ikut Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023 dan mitra kerja kayak PT Propan Raya ICC dan PT Indocement Tunggal Perkasa Tbk.

“Saya sangat bersyukur bisa mendapat bantuan BSPS. Saya dan cucu kini bisa tinggal di rumah yang lebih layak karena atapnya sekarang sudah bagus dan tidak bocor lagi, ada pondasi bangunan yang kuat, lantai dan dindingnya juga diplester jadi lebih nyaman,” ungkapnya pas ditemui di sela-sela kegiatannya, Minggu (8/10/2023).

Hal serupa juga diungkapkan sama warga penerima bantuan lainnya, yaitu Agus. Agus yang setiap harinya sibuk bekerja di pabrik garmen bilang penghasilannya yang cuma pas-pasan sehingga bantuan dana Rp 20 juta dirasa sangat memberikan manfaat lantaran mengobarkan semangatnya buat bikin rumah.

Rumahnya pun kini sudah selesai digarap dan sudah bisa ditempati oleh dirinya beserta keluarga. Agus pun mengaku menggunakan tabungan yang ada buat nambah-nambahin kekurangan biaya pembangunan rumah.

“Program BSPS ini sangat bagus dan kalau bisa dilanjutkan. Saya dan keluarga mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR dan para pramuka yang telah membantu kami memiliki rumah layak huni,” ucap Agus.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply