Dengan makin banyaknya kebutuhan umat manusia, maka produk-produk instan pun mulai dilirik. Hal ini buat mengakomodir padatnya aktivitas para manusia penghuni negeri +62.

Tapi, lo harus tau kalau yang namanya produk instan terbilang gak baik buat lingkungan, karena kerapkali bikin limbah rumah tangga menumpuk.

Gak cuma sampahnya aja, tapi efek sampingnya yang berupa bau busuk pun juga sangat mengganggu. Karena itu, Kamu harus bisa mengelolanya dengan benar biar gak ada bakteri atau kuman yang membawa penyakit.

Caranya bagaimana, ikuti aja beberapa cara di bawah ini biar Kamu bisa bikin sistem pengelolaan sampah di rumah jadi lebih bagus.

1. Pisahkan Sesuai Jenisnya

Yang pertama, mulai aja dengan ngelompokin sampah jadi dua bagian, organik sama anorganik. Cukup siapin dua tempat sampah di rumah, trus kasih tanda biar gampang bedainnya. Gini caranya bakal bantu lo ngepisahin sampah rumah tangga tiap hari.

2. Zero Waste Lifestyle

Gaya hidup zero waste sekarang lagi ngetren banget, tujuannya buat ngebantu lingkungan. Jadi, mulai deh pakai barang yang bisa dipake lagi, kayak tas belanja kain buat gantiin plastik, kotak bekal buat gantiin styrofoam, atau botol buat minum yang bisa diisi ulang.

Pokoknya, mulai aja kurangin pemakaian plastik dengan barang-barang yang bisa dipake berulang kali. Meskipun agak ribet, tapi perubahan ini bisa berdampak gede buat bumi dan alam.

3. Bikin Pupuk dari Sampah Organik

Selain itu, bisa juga lo manfaatin sampah organik buat jadi pupuk. Udah pada tau kan sama daur ulang? Daripada biarin sampah organik bau busuk gara-gara bakterinya, mending daur ulang aja jadi pupuk kompos buat tanaman.

Kalo selama proses bikin pupuk kompos baunya agak gangguan, lo bisa juga sumbangin sampah organiknya ke penjual tanaman atau yang hobi kebun. Jadi, lo tetep ikut andil dalam urusan pengelolaan sampah.

4. Bersihin Tempat Sampah Tiap Hari

Tempat sampah di rumah itu penting banget buat dijaga kebersihannya. Jadi, pastiin aja buat buang sampah setiap hari dan selalu bersihin tempat sampahnya biar ga bau dan bikin ruangan jadi nggak enak.

Lo juga bisa pake kantong plastik yang ramah lingkungan buat ngelapisi tempat sampah, jadi kebersihannya tetep terjaga.

5. Daur Ulang Sampah Anorganik

Selain itu, lo juga bisa bantu pengelolaan sampah dengan pilih barang-barang yang masih bisa dipake lagi. Misalnya, botol kaca yang bisa lo cuci dan dipake lagi buat nyimpen barang atau dijadiin dekorasi rumah.

Sebelum mulai daur ulang, pastiin juga kemasannya kayak kaca, botol, kertas, atau karton punya logo daur ulang supaya aman dipake lagi tanpa bikin masalah kimia.

Dengan ngelakuin kelima cara ini tiap hari, lo udah bantu lingkungan jadi lebih bersih, sehat, dan bebas dari bakteri yang bisa sebabin penyakit dari sampah rumah tangga. Semoga info ini bermanfaat buat lo yang pengen turut serta jaga lingkungan buat keluarga.

Disadur dari axa.co.id

Leave A Reply