Pernah denger kalimat “Jogja terbuat dari rindu, pulang dan angkringan”. Bener juga sih, kayaknya belum lengkap deh pengalaman ke Jogja kalo belum nyobain makan di angkringan.

Ini nih yang bikin Jogja tuh beda, angkringan di pinggir jalan udah jadi simbol kota Jogja dari dulu banget. Kayaknya kurang aja kalo belum nyobain makan di angkringan yang bisa lo temuin di mana-mana di Kota Pelajar ini.

Tapi, masalahnya, pilih angkringan yang mana ya di Jogja? Banyak banget sampe bingung sendiri~

Di Jogja, angkringannya nggak cuma banyak tapi juga beragam banget. Ada yang jadi favorit turis, ada juga yang jadi andalan mahasiswa buat nambah-nambahin uang di penghujung bulan.

Terutama buat kamu yang baru pertama kali ke Jogja, berikut 8 rekomendasi angkringan yang cocok buat kuliner malam!

1. Angkringan Gareng Petruk alias Angkringan KR

Nah, ini angkringan yang paling populer di Jogja, terutama buat turis. Jadi, nggak heran kalo harga nasi kucing sama lauk-pauknya di sini agak di atas rata-rata. Buat menu nasi kucingnya sendiri, di sini harganya sekitar 4000-6000 rupiah. Nah, kalo ditambah lauk-pauk, bisa sampe 15000-25000 rupiah. Tapi demi pengalaman autentik Jogja, tetep harus coba deh angkringan yang satu ini.

Lokasinya di sebelah selatan Tugu Jogja, tepatnya depan gedung Kedaulatan Rakyat atau KR.

2. Angkringan Kopi Jos Kali Code

Kalo pengen suasana malam yang ngena, coba deh mampir ke angkringan Kopi Jos yang ada di atas Sungai Code. Harganya masih di atas rata-rata angkringan pada umumnya, tapi masih wajar kok. Menu nasi dan lauk-pauknya berkisar antara 2000-5000 rupiah.

Letaknya nggak jauh dari Jalan Jenderal Sudirman, di atas Kali Code, deket Masjid Syuhada.

3. Angkringan Jembatan Kewek Pak Tomi

Angkringan ini juga di sekitar Sungai Code, cuma lebih ke selatan. Di sini, kalian bisa makan sambil ngeliat kereta lewat di atas Jembatan Kewek. Harga menu di sini sekitar 1500-5000 rupiah, cukup buat makan dan minum dengan uang 10 ribu rupiah, plus sebatang rokok buat nemenin ngobrol.

Letaknya di sekitar Jembatan Kewek, di bawah jalan sebelum tikungan menuju Jalan Jenderal Sudirman.

4. Angkringan Legenda, Pak Panut

Nih, angkringan murah meriah di sekitar UGM dan UNY. Di sini, cuma dengan 1000 rupiah, kalian udah bisa dapetin 3 gorengan, dan nasi kucingnya cuma 1500 rupiah. Dan yang pasti, gorengannya selalu anget. Mantap!

Tempatnya di kawasan GOR Klebengan, di depan GOR.

5. Angkringan Pak Yono

Dengan 10 ribu rupiah, kalian udah bisa makan puas di sini. Dan yang spesial, di sini selalu ada kecap buat nambahin cita rasa gorengan atau sate.

Nah, letaknya di Jalan Kaliurang, sebelah utara McDonalds Jakal, di jalur para mahasiswa UGM.

6. Angkringan Kolam Renang UNY

Di sini, suasana ramai dengan mahasiswa UNY yang nyantai abis olahraga. Harga menu juga murah meriah, dengan sebungkus nasi cuma 1500-2000 rupiah, dan minuman rata-rata 2500 rupiah.

Letaknya di sebelah utara Kolam Renang IKIP/UNY.

7. Angkring Market

Kalo ke utara Kota Jogja, mampir deh ke Angkring Market di Pangukan Sleman. Harganya murah banget, dengan menu nasi cuma 2000-3000 rupiah, lauk pauknya 1500-3000 rupiah, dan minuman cuma 2500 rupiah.

Tempatnya di depan rumah pemiliknya, di jalur Hijau Pangukan. Kalo dateng sore, bisa nikmatin rindangnya pepohonan di sekitar Angkring Market.

8. Angkringan Pak Satari

Meskipun udah terkenal, angkringan ini tetep murah meriah. Nasi cuma sekitar 2000-4000 rupiah, dan minumannya juga murah banget.

Letaknya masih di Sleman, di sekitar kilometer 15-16 di Jalan Magelang.

Nah, angkringan-angkringan keren ini beneran nunjukin kalo Jogja emang kota yang harga hidupnya terjangkau banget. Cuma dengan 10 ribu rupiah aja udah bisa makan kenyang. Makanya, belom resmi deh kalo belom nyobain makan di angkringan!

Disadur dari hipwee.com

Leave A Reply