Dalam beberapa tahun terakhir, lantai beton jadi pilihan yang makin hits di kalangan warga. Keunggulan lantai beton tuh ada di biaya yang murah, tahan lama, dan gampang dibersihin dibanding lantai kayu.

Tapi, lantai beton tetep butuh perawatan rutin supaya tetep bersih dan bagus kondisinya selama bertahun-tahun. Meskipun ada beberapa jenis lantai beton di dalam ruangan, semuanya bisa dibersihin pake metode yang sama.

Pertama-tama, bersihin debu di lantai pake sapu. Perhatiin banget sudut dan pinggiran lantainya. Kalo udah disapu, bisa juga dibersihin lagi pake penyedot debu yang punya sikat lembut. Penting banget pake penyedot debu yang lembut biar lantainya ga kegores.

Kalo lantainya udah bebas debu, tahap selanjutnya, mopping. Gunain bahan pembersih yang ringan dan aman buat lantai beton.

Basahin lantainya dikit aja pake air. Lantai beton jangan disiram pake air banyak-banyak, karena bisa bikin rusak lapisan permukaannya, kayak retakan.

Jangan lupa sering-sering bilas kain pel buat hindarin kotoran nyebar. Setiap mau dipake, peras kain pel sampe gak ada tetesan air lagi.

Kalo masih ada noda di lantainya setelah dilap, bisa gunain sikat berbulu nilon sama sabun. Kalo ada noda yang bandel, pake bahan pembersih yang lebih kenceng.

Kalo lantai beton di rumah kamu diwarnain, dicat, atau dilapisi pelindung, pake bahan pembersih netral aja dan hindari yang keras kayak pemutih atau amonia.

Cairan pembersih yang keras bisa ngelupas lapisan pelindung, jadi lantainya keliatan kusam. Kalo terlalu sering pake produk pembersih, bisa ninggalin bekas yang bikin lantainya kusam, bercoret-coret, dan ga keliatan kinclong.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply