Kalau lo mikir mau jual rumah, pastinya pengen dapet nilai jual yang lebih tinggi, kan? Selain perbaikin bangunan dan interior, lo juga perlu mikirin faktor lanskap atau ruangan luar.

Menurut situs Real Homes, beberapa ahli bilang kalau lanskap bisa ningkatin nilai rumah. Taman yang ditata dengan baik bakal ningkatin nilai rumah secara signifikan.

Misalnya, halaman rumput yang rimbun dan elemen hardscape kayak teras dan jalan setapak bisa nambah daya tarik dan kasih kesan pertama yang kuat buat calon pembeli.

Secara khusus, lanskap yang terpelihara baik bisa ningkatin nilai rumah sekitar 5 persen sampai 15 persen, tergantung kualitas dan luasnya pekerjaan. Memperbaiki tampilan rumah dari jalan dengan ide lanskap halaman depan bisa ngasih dampak besar.

Kalau ruang ini diabaikan, calon pembeli bisa ilfeel liat halaman rumput gak terawat. Soalnya, rumput yang terawat baik bisa ningkatin persepsi nilai properti sampai 10 persen.

Halaman rumput yang subur dan hijau bikin suasana ramah dan mengundang, bikin calon pembeli merasa nyaman dan lebih mungkin ngasih penawaran. Sebaliknya, halaman rumput yang terbengkalai bisa nurunin nilai properti sampai 5 persen.

Secara keseluruhan, kebanyakan calon pembeli emang pertimbangin halaman depan dan belakang waktu beli rumah. Studi dari National Gardening Association nemuin kalau 85 persen pemilik rumah bilang taman atau pekarangan penting banget dalam keputusan mereka buat beli atau jual rumah.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply