Beli Properti

Ternyata kota Makassar semakin diminati oleh para pencari hunian. Hal ini bisa terlihat dari kenaikan harga rumah seken atau bekas di Makassar pada awal tahun 2023.  

Menurut Flash Report Rumah123.com di bulan Maret 2023, tercatat harga hunian di Indonesia pada Februari 2023 kemarin mengalami pertumbuhan positif sebesar 3,2 persen secara tahunan (year-on-year).

Selain itu, Makassar juga menorehkan kenaikan harga bulanan tercepat di bulan Februari 2023 yaitu sebesar 4,1 persen. Dari 13 kota dalam Indeks Harga Rumah Seken 99 Group dan Rumah123.com, Makassar dan Bogor mengalami pertumbuhan positif harga tahunan tercepat yaitu sebesar 7 persen.

Bharat Buxani selaku Senior Vice President Marketing 99 Group Indonesia menyebutkan, tren pertumbuhan positif harga rumah secara month-on-month di awal tahun 2023 masih terus berlanjut.

“Pada Februari 2023, kenaikan harga rumah di Indonesia month-on-month tercatat sebesar 0,6 persen dan year-on-year sebesar 3,2 persen.” Terangnya dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Minat pembeli properti untuk mencari tempat tinggal di Makassar kian meningkat mengingat posisi Makassar sebagai gerbang transit dari dan menuju Indonesia Timur. Makassar telah menarik minat para pembeli properti dari kota-kota sekitarnya, seperti Manado, Palu, serta Gorontalo.

Para peminat properti dari kota-kota tersebut umumnya merupakan kalangan pelaku bisnis yang banyak melakukan aktivitas atau transit di Makassar.

Selain itu, Kota Daeng juga makin menjadi favorit lantaran adanya beberapa proyek infrastruktur strategis seperti pembangunan Makassar New Port yang rencananya akan selesai pada pertengahan tahun 2023 ini. Belum lagi terdapat rencana pembangunan jalur kereta api Sulawesi yang menyambungkan Makassar–Parepare.

“Minat pembeli properti terhadap Makassar juga didukung oleh pengembangan berskala kota mandiri oleh dua pengembang nasional ternama, seperti Ciputra dan Summarecon,” pungkas Bharat.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply