Beli Properti

Meski secara persentase masih relatif rendah, pasar apartemen telah menorehkan catatan positif hingga kuartal pertama 2023. Berdasarkan riset yang dirilis oleh konsultan properti Colliers International Indonesia (CII), terdapat sejumlah 11.635 unit apartemen yang akan rampung dikerjakan selama hingga tahun 2025 nanti.

Menurut Ferry Salanto, Senior Associate Director CII, jumlah unit apartemen hingga tahun 2025 tersebut masih akan sangat dinamis dan terdapat kemungkinan akan kembali melambat begitu memasuki tahun politik dengan pemilu yang akan membuat para investor kembali mengambil langkah wait and see.

“Di sisi lain situasi wait and see khususnya menjelang pemilu itu sudah sangat biasa dan tidak akan membuat gejolak yang berarti. Trennya setiap jelang pemilu memang akan melambat tapi itu sudah menjadi situasi yang klasik dan psikologis karena untuk kehati-hatian,” ungkapnya,

Perlambatan menjelang pemilu malah menjadi hal yang bagus lantaran situasi pasar untuk segmen produk apartemen juga belum terlalu baik. Produk-produk on site maupun yang sedang dalam konstruksi masih membutuhkan waktu yang relatif panjang untuk bisa laku ditambah penawaran sejumlah produk baru yang sudah terjadwal.

Dari pengembang pun juga belum berharap produknya bisa laku dengan cepat lantaran mengharapkan kenaikan harga yang lebih baik. Memang peningkatan harga sudah terjadi, hanya saja persentasenya masih sangat kecil berkisar 2-3% dan itu masih akan berlangsung hingga tahun 2025 nanti.

Tentunya angka 2-3% belum ideal bagi pengembang sehingga penjualan unit apartemen yang belum bergairah masih menunggu timing maupun momentum yang lebih baik. Untuk unit apartemen yang akan diserahterimakan pada tahun ini jumlahnya sekitar 6.172 unit.

Pada periode kuartal pertama 2023 pun sudah terdapat enam proyek apartemen yang selesai dikerjakan sehingga menambah suplai mencapai 3.374 unit atau separuh dari proyeksi yang mencapai 6.172 unit pada tahun ini. Selain itu masih terdapat dua proyek yang akan menambah suplai mencapai 1.016 unit.

“Beberapa pengembang sudah mulai confident kalau pasar apartemen akan lebih baik tahun ini dibandingkan tahun lalu. Secara persentase kami memperkirakan tahun ini memang akan lebih baik karena pada periode kuartal pertama saja capainnya sudah lebih dari 35 persen dari unit yang terjual dibandingkan tahun lalu,” ujarnya.

Disadur dari rumah.com

Leave A Reply