Pembiayaan Properti

Menteri BUMN Erick Thohir sedang mendorong sistem baru sehingga kaum milenial bisa dengan mudah memiliki rumah. Erick menyampaikan hal tersebut ketika ditanya mengenai integrasi PT Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan Unit Usaha Syariah PT Bank Tabungan Negara (BTN) atau BTN Syariah.

Erick menyebutkan, integrasi antara BSI dan BTN Syariah akan final pada penghujung tahun 2023. Dengan begitu, milenial bakal memiliki pilihan kredit pemilikan rumah (KPR).

Erick memaparkan, salah satu kunci dalam penyediaan rumah terutama kaum milenial adalah pendanaan yang cukup. Hal itu agar terjadi pembiayaan (mortgage) perumahan yang sesuai.

“Bahkan kita sudah mendorong konsep baru, rent to own. Bayangin tuh belum ada tuh sewa menjadi cicilan. Setelah 6 bulan sewa, ini dibilang anak mudanya serius, nah itu jadi cicilan. Di negara lain kayaknya agak jarang tuh,” papar terang Erick di Kementerian BUMN Jakarta, Rabu (3/5/2023).

Akses terhadap pembiayaan ini krusial. Ditambah lagi, Erick menyebut sebanyak 81 juta milenial belum memiliki rumah.

“Karena itu terobosan-terobosan dengan BTN ini sebagai mortgage bank penting dari segi pendanaan,” ujar Erick.

Meski begitu, hal itu saja tak cukup. Erick mengatakan, penyediaan rumah juga penting. Maka dari itu, ia mendorong sinergi antara PT KAI (Persero), BTN, Perumnas dan BUMN Karya.

“Itu membuat terobosan, sebuah lingkungan apartemen yang affordable, yang terjangkau, ada subsidi silang seperti di 7 proyek yang sudah jadi,” ujar mantan pemilik Inter Milan itu.

Erick melanjutkan, kinerja BSI semakin lama semakin baik. Menurut blio, itu memperlihatkan jika penggabungan bank syariah terbukti memberikan dampak.

Namun, Erick juga mengatakan, pihaknya tetap mendorong BSI untuk mencari mitra, salah satunya untuk mendapatkan pendanaan yang murah.

“Karena ini juga public company kita tetap mencari strategic partner. Salah satunya untuk mendapat funding lebih murah dan mungkin membuka footprint kita banyak ke negara lain,” ungkapnya.

“Salah satunya kita lagi cari strategic partner tapi kalau ditanya sudah ada deal, belum, kita lagi mencari,” lanjutnya.

Disadur dari detik.com

Leave A Reply