Beli Properti

Di kuartal II/2023, ritel di mal atau pusat perbelanjaan masih belum pulih sepenuhnya setelah status pandemi Covid-19 dicabut, sob! Menurut laporan Cushman & Wakefield, tingkat okupansi mal masih di 77,2 persen, loh. Stagnan banget kalau dibandingin sama kuartal sebelumnya, ya!

Ada peningkatan kekosongan di mal strata-title, nih, mencapai 38,7 persen. Mayoritas karena hypermarket sebagai penyewa utama pada kuartal sebelumnya ditutup, jadi kekosongan makin banyak.

Tapi, tenang aja! Direktur Strategic Consulting Indonesia Cushman & Wakefield, Arief Rahardjo, bilang kalau pusat ritel udah mulai bagus di awal tahun ini. Jumlah pengunjung naik, khususnya saat musim liburan. Meskipun begitu, tingkat kunjungan masih di bawah level sebelum pandemi, sih!

“Pusat-pusat ritel gaya hidup menjadi destinasi ritel yang semakin diminati karena para pengunjung mencari pengalaman,” kata Arief, dikutip Jumat (28/7/2023).

Kata Arief, makin membaiknya minat masyarakat ini juga ditandai dengan ada rencana pembangunan pusat ritel baru di Jakarta, tepatnya di Puri namanya One District. Wah, kece abis nih!

Kalo semuanya lancar dan sesuai rencana, nantinya total pasokan pusat ritel gaya hidup di Jakarta akan mencapai 4.774.000 meter persegi pada akhir 2023, loh! Mantap kan?

Sampe kuartal II/2023 aja, pasokan pusat ritel udah meningkat sebesar 0,8 persen, mencapai sekitar 4.707.000 meter persegi. Nambah-nambah terus, nih, pasar ritel di Jakarta!

“Lippo Mall East Side di Holland Village dan Retail Podium di Thamrin Nine Tower diharapkan akan memasuki pasar pada kuartal-kuartal mendatang dan akan menambahkan sekitar 67.000 m2 ruang ritel ke pasar,” ujar Arief.

Disadur dari bisnis.com

Leave A Reply