Beli Properti

Dalam Flash Report Rumah123 Oktober 2023 yang diperoleh Kompas.com pada Selasa 17 Oktober 2023 kemarin, tercatat 3 kecamatan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menorehkan median harga rumah paling tinggi.

Dalam Flash Report itu disebutkan kalau Medan Sunggal bertengger di posisi pertama pada Rp 1,09 miliar. Kemudian, disusul Medan Kota senilai Rp 954 juta, dan Medan Helvetia dengan Rp 921 juta.

Nah, kalau dilihat dari permintaan tertinggi rumah seken atau bekas, Medan Kota menorehkan urutan teratas dengan persentase 20,6 persen. Lalu, Medan Sunggal sebesar 12,6 persen, Medan Johor sebesar 9 persen, Medan Selayang dan Medan Helvetia masing-masing sebesar 7,9 persen.

Faizal Abdullah selaku Senior Vice President Listing Business 99 Group Indonesia pun mengungkapkan alasan 3 kecamatan di Kota Medan dengan median harga rumah bekas paling tinggi. 

Dan ternyata, 3 kecamatan tersebut lebih banyak bikin area komersial dan residensial ketimbang dengan Medan Selayang yang cuma sebesar Rp 875 juta dan Medan Johor yang sebesar Rp 646 juta.

“Pengembangan yang berada di kecamatan dengan median harga lebih tinggi umumnya menargetkan pasar menengah dan menengah-atas,” terang Faizal.

Sedangkan kecamatan dengan median harga yang lebih rendah biasanya berlokasi di area padat penduduk dan menargetkan kelas menengah hingga menengah-bawah.

Saat ini, di Medan pun juga sudah ada pengembangan infrastruktur jalan tol eksisting yakni Tol Medan-Binjai, Tol Medan-Tanjung Morawa, serta Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Pengembangan ruas tol itu menyambungkan antara Medan dengan kota-kota dan infrastruktur strategis sekitar, seperti kota Binjai, kota Tebing Tinggi, Bandara Kualanamu, maupun Pelabuhan Belawan.

“Harapannya, Medan semakin potensial seiring peningkatan akses ke kota lain seperti, Aceh, Parapat dan Sibolga, Duri dan Pekanbaru melalui jalur tol yang masih dalam tahap perencanaan dan konstruksi, mencakup rute Tol Tebing Tinggi-Parapat, Tol Dumai-Tebing Tinggi dan Tol Binjai-Langsa,” tandas Faizal.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply