Beli Properti

Bro, harga rumah di Kota Denpasar, Bali, naik paling tinggi di seluruh Indonesia, loh. Menurut Flash Report Rumah123.com, edisi bulan Desember 2023, kenaikan harganya sekitar 20,1 persen, bro, menjelang akhir tahun itu. Lalu, diikuti Kota Surakarta atau Solo yang naik sebesar 8,3 persen, dan Kota Makassar yang naik sebesar 4,9 persen.

Bharat Buxani, Senior Vice President Marketing 99 Group Indonesia, bilang Denpasar dan Solo ini kota yang lagi naik pamor banget, terutama di tren harga properti, makanya harganya naik signifikan. Iya, sih, wong dua kota ini kaya pariwisata, punya budaya keren, dan infrastrukturnya juga makin bagus, gitu kata dia.

“Dengan harga properti yang terbilang masih terjangkau, dipadukan dengan potensi puncak arus mudik dan aktivitas wisata pada perayaan Natal dan tahun baru berpotensi menjadi dorongan tambahan bagi mereka yang berminat mencari tempat tinggal yang menawarkan keseimbangan antara kehidupan perkotaan sederhana, gaya hidup santai, kekayaan budaya tradisional, dan keindahan alam,” terang Bharat Buxani dalam keterangan tertulis.

Denpasar udah secara konsisten menorehkan pertumbuhan harga sejak awal tahun 2023 ini. Tentunya hal ini dipengaruhi sama pertumbuhan popularitas Bali yang kian meningkat sejak akhir tahun 2022 kemarin seiring dengan beragamnya kebijakan dan insentif yang diambil sama pemerintah soal kepemilikan properti dan izin tinggal untuk WNA.

“(Itu) semakin meningkatkan daya tarik wilayah-wilayah di Bali sebagai tempat tinggal atau berinvestasi properti,” tambahnya.

Dalam setahun belakangan ini, pemerintah udah ngerilis kebijakan dan insentif yang bikin WNA semangat buat nyari dan punya properti di Indonesia, bro.

Ada beberapa nih, kayak Keputusan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 1241/SK-HK.02/IX/2022 Tahun 2022 tentang Perolehan dan Harga Rumah Tempat Tinggal/Hunian Untuk Orang Asing pada bulan September 2022, serta Second Home Visa pada akhir Desember 2022.

Di Kuartal III-2023, pemerintah juga sibuk banget ngasih tau orang tentang aturan punya rumah buat Orang Asing di Jakarta, loh. Selain itu, ada Golden Visa juga, yang khusus buat WNA berkualitas buat bantu ekonomi negara, mulai berlaku tanggal 30 Agustus.

Nah, yang terbaru, WNA juga bisa dapetin keuntungan dari kebijakan Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) kalo beli properti di Indonesia. Nah, ini bisa dimanfaatin sama WNA yang punya NPWP, sesuai sama Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 120 Tahun 2023 tentang Pajak Pertambahan Nilai buat Rumah Tapak dan Satuan Rumah Susun yang Ditanggung Pemerintah buat Tahun Anggaran 2023.

Bharat bilang, Denpasar mencatat pertumbuhan median harga paling tinggi, loh, naik 11,5 persen buat rumah yang luasnya 151 meter persegi-250 meter persegi. Ini nunjukin kalo orang lagi berpotensi banget buat beli rumah di Denpasar.

“Denpasar memiliki potensi bagi kelas menengah, menengah atas, dengan pertumbuhan harga signifikan pada luas bangunan yang lebih besar,” pungkasnya.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply