Perawatan Rumah

Beberapa waktu yang lalu Kabupaten Sumedang, Jawa Barat sempat dilanda gempa bumi. Pemerintah lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun juga gak diam saja, mereka bakal merenovasi fasilitas umum sampai rumah warga yang rusak akibat gempa.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono atau yang kerap disapa Pak Bas juga udah turun ngecek lokasi terdampak bencana gempa pada Rabu (03/01/2024) kemarin.

“Untuk fasilitas umum, saya kira RSUD dan SMAN 1 Sumedang, paling prioritas untuk segera kita tangani. Secara umum struktur masih oke, tapi ada beberapa retak sehingga akan kita lakukan retrofitting atau penguatan bangunan,” katanya dilansir dari laman Kementerian PUPR.

Pak Bas bilang, nanti penanganannya gak cuma memperbaiki yang retak-retak saja, tapi juga sekalian meng-upgrade estetika dan kualitas lingkungannya biar jadi lebih baik.

“Perbaikan secepatnya minggu depan, karena banyak ruangan yang harus cepat ditangani seperti ruang operasi dan ruang cuci darah,” tambahnya.

Sedangkan untuk tempat tinggal warga, menurut laporan dari BPBD Jawa Barat dan Pj Gubernur Jawa Barat, sementara ini gak ada yang harus direlokasi. Kalau untuk masalah perbaikannya bakal dikerjakan berdasarkan tingkat kerusakannya.

“Rumah yang rusak berat, sedang, atau ringan, nanti pasti ada bantuan dari pemerintah sesuai kriteria kerusakannya. Terlapor sampai sekarang ada sekitar 1.100 rumah yang rusak, Kementerian PUPR saat ini sedang memverifikasi langsung bersama Dinas PUPR dan BNPB agar tidak ada rumah rusak yang terlewat,” terangnya.

Pak Bas juga mastiin kalau infrastruktur-infrastruktur lain di antaranya seperti Jalan Tol Cisumdawu, Bendungan Sadawarna, Bendungan Cipanas, dan Waduk Jatigede, udah dicek dan dinyatakan aman tanpa ada kerusakan akibat gempa.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply