Peraturan Properti

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan berkunjung di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, pada Senin (22/1/2024).

Kehadiran Pak Presiden dalam rangka penyerahan sertifikat tanah masyarakat di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Purworejo,.

“Nantinya Presiden didampingi Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto akan menyerahkan sebanyak 3.000 sertipikat tanah,” ucap Lampri, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dalam keterangannya, Sabtu (20/01/2024).

Sertifikat yang bakal diserahkan oleh Jokowi adalah sebanyak 3.000 lembar, dan sertifikat ini merupakan hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang berhasil dijalankan di tiga kabupaten.

“3.000 sertifikat itu terbagi atas 1.650 sertifikat untuk masyarakat Kabupaten Wonosobo, 650 sertifikat untuk masyarakat Kabupaten Purworejo, dan 700 sertifikat untuk masyarakat Kabupaten Kebumen,” jelas Lampri.

Tentang PTSL

PTSL ini sendiri adalah program yang digagas oleh Jokowi pada 2017 silam, dengan maksud untuk mempercepat pendaftaran 126 juta bidang tanah yang ada di Indonesia.

PTSL sendiri juga dilaksanakan secara serentak dan mencakup semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu.

Dengan telah terdaftarkannya seluruh bidang tanah di Indonesia, otomatis masyarakat Indonesia sudah mempunyai kepastian hukum hak atas tanahnya dan bisa terhindar dari konflik dan sengketa pertanahan. Dalam kesempatan tersebut, rencananya Presiden bakal didampingi beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju.

“Akan hadir pula Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati, Gubernur, Bupati dari masing-masing wilayah, serta perwakilan dari jajaran pemerintah daerah,” ucap Lampri.

Untuk agenda penyerahan sertifikat ini nantinya bakal dilakukan di Alun-alun Kabupaten Wonosobo. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari kunjungan Presiden RI bersama Menteri ATR/Kepala BPN di Provinsi Jawa Tengah.

Setelah dari Wonosobo, Presiden Jokowi juga diagendakan untuk bertolak ke Kabupaten Gorobogan pada hari Selasa (23/01/2023) dengan agenda yang sama, yaitu penyerahan sertifikat.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply