Beli Properti

Siapa pun pasti pengen punya rumah sendiri. Meski sederhana, kalau kesampaian itu adalah pencapaian luar biasa, loh. Kalau sekarang lagi mikir mau beli rumah, udah tahu belum nih strategi buat negosiasi beli properti?

Sebelum beli rumah, sebaiknya nih, intip dulu strateginya biar dapet hunian dengan harga terbaik. Biar nggak penasaran, simak nih strateginya!

1. Pahami Dulu Harga Pasar Properti

Pertama-tama Kamu harus memahami dulu harga pasar properti. Kalau udah tahu seputar nilai pasar, proses negosiasi bakal lebih lancar.

Buat insight, carilah info tentang data pasar terkini, karena data itu bisa jadi referensi waktu lagi negosiasi. Selain itu, dengan paham nilai pasar, kamu bisa lebih PD, jadi peluang dapet deal terbaik makin besar.

2. Tentuin Batas Harga dan Prioritas

Pastiin Kamu sudah mematok bujet serealistis mungkin yang sesuai dengan kemampuan finansialmu. Poin-poin yang jadi pertimbangan waktu susun anggaran atau batas harga, antara lain prioritas rumah atau properti yang diinginkan, termasuk detailnya kayak luas bangunan, lokasi, fasilitas, dan sebagainya.

Kenapa mesti ada batasan harga? Pas udah tahu apa aja yang jadi poin penting waktu beli rumah, info itu bisa jadi bahan buat ngebantuin argumen waktu negosiasi, jadi risiko kelebihan budget bisa dihindari.

3. Riset

Sebagai persiapan, cobalah untuk melakukan riset dulu biar Kamu dapat informasi yang bisa membantumu dalam bernegosiasi.

Selain buat dapetin info yang relevan, riset juga bisa jadi alat buat ngehargai apakah rumah yang diincar itu beneran worth to buy atau malah mesti cari alternatif hunian lain.

4. Cari Info Relevan Sebanyak-banyaknya

Pas lagi mau beli rumah, sebaiknya nih cari tau semuanya tentang rumah itu, kayak struktur bangunannya, apa aja renovasi yang mungkin dibutuhin, dan perawatan apa yang harus dilakukan.

Selain itu, telusuri juga tentang sejarah kepemilikan rumah itu dan kenapa rumah itu dijual. Info kayak gini penting banget, karena bisa jadi bahan pertimbangan waktu negosiasi.

5. Persiapkan Pertanyaan

Pas lagi survey rumah yang diinginkan, pasti muncul banyak pertanyaan di kepala. Nah, supaya negosiasi bisa dapet hasil yang bagus, persiapkan list pertanyaan buat dapetin info lebih detil tentang rumah itu.

Kamu bisa nanya tentang perbaikan yang udah dilakuin, biaya perawatan, dan fasilitas yang ada. Info kayak gini bisa jadi kunci buat nentuin rumah itu beneran cocok buat kamu atau enggak.

6. Bangun Argumen yang Kuat

Waktu lagi negosiasi, pasti yang harus kamu lakuin adalah punya argumen atau pendapat yang kuat soal kondisi finansial dan rumah yang ditawarkan. Semakin kuat argumennya, makin gede kemungkinan dapet deal terbaik.

7. Coba Pendekatan Persuasif

Waktu lagi negosiasi, biar nggak terkesan kaku, kamu bisa coba deh pendekatan yang santun dan profesional. Nah, waktu penjual atau developer ngasih penawaran, pastiin buat ngecek dulu, penawaran itu worth it buat kamu atau enggak.

Tawar-menawar itu biasa, jadi kalo dapet penawaran yang menurut kamu bisa ngebuat rumah jadi lebih istimewa, enggak ada salahnya dicoba, kan?

8. Siapkan Solusi Alternatif

Kadang ekspektasi dan kenyataan nggak selalu sama. Kalo udah nego tapi nggak ada kesepakatan, pasti ada solusi yang perlu dipikirin. Selagi masih muda, kamu bisa coba dulu fokus ke karir

Disadur dari cermati.com

Leave A Reply