Yogya emang nggak pernah kehabisan cara buat bikin turis betah dateng, bro. Selain alamnya yang indah, budaya dan sejarahnya juga enggak kalah seru, bro. Coba deh jalan-jalan ke daerah tua Kotagede, muterin lorong-lorong kecil yang nyambungin gang-gang di situ.

Banyak banget bangunan bersejarah yang bisa kita kunjungi, entah buat foto-foto atau sekadar duduk sambil nikmatin pesona budaya bangunan-bangunan itu. Salah satunya Rumah Pesik, tempat wisata yang sering banget dikunjungi dan enggak boleh dilewatin.

Rumah Pesik ini punya Rudy J. Persik, pengusaha asli Kotagede, guys. Bangunan ini mencolok banget di antara rumah-rumah warga sekitar, bro. Rumah Pesik itu salah satu rumah kuno yang mewah dengan perpaduan arsitektur Jawa dan Eropa, bro.

Dindingnya hijau terang, jadi gampang banget dikenali, ditambah lagi dengan ornamen khas Jawa dan sentuhan Eropa di sekelilingnya. Ada prasasti di salah satu pintunya yang ngebahas tokoh-tokoh penting dunia yang pernah nginep di sana, termasuk Lech Walesa, mantan Presiden Polandia, guys.

Dulu tutup buat umum selama puluhan tahun, sekarang turis bisa lagi menikmati keindahan bangunan Rumah Pesik dan hunting foto di setiap sudutnya. Enggak cuma bangunannya dan ornamennya yang unik, tapi juga ada sejumlah patung batu besar yang jadi koleksi di rumah ini. Patung-patung itu bisa ditemui di depan rumah, bro.

Ada berbagai macam patung batu yang disusun rapi di taman depan rumah, siap menyambut para pengunjung. Di taman ini juga ada kolam air mancur yang ada di tengah halaman, tempat yang sering banget jadi spot buat foto-foto. Enggak jauh dari situ, kita bisa nemuin kereta kuno yang dipake pada zaman Pakubuwono X.

Nah, kalo masuk lebih dalam ke dalam rumah, kita bakal nemuin teras rumah yang kayak lorong panjang dengan pintu lengkung di sampingnya. Ada juga patung-patung arca di dindingnya, yang bikin bangunan ini makin unik.

Setelah puas jalan-jalan dan menikmati taman di depan rumah, kita bisa masuk ke dalam rumah buat nyoba liat koleksi-koleksi milik Rudy J. Persik, pemilik rumah ini. Dia juga pemilik perusahaan DHL di Indonesia, guys.

Di sini dipajang berbagai macam koleksi patung, keris, wayang, sampe barang-barang antik lainnya seperti meja, kursi, lemari, dan perabotan lainnya yang bikin penampilan setiap ruangan makin cantik.

Ada juga ukiran bunga di pilar-pilar dan tembok di dalam rumah yang bikin kesan klasik, guys. Terus, lampu-lampu kristal besar yang ditempel di langit-langit ruangan juga bikin suasana makin mewah. Kalo kita naik ke lantai dua, kita bakal liat pemandangan Kotagede yang keren banget dari balkon.

Kalo udah capek keliling rumah, kita bisa istirahat dan santai di kafe bernama Kopi Kamu, guys. Lokasinya di sebelah taman deket pintu masuk. Di sini ada berbagai macam kopi, makanan, dan camilan yang bisa kita nikmatin. Desain kafe-nya juga sama kaya rumah, dengan meja dan kursi yang punya ukiran yang serupa. Keren, kan, tempatnya?

Disadur dari budaya.jogjaprov.go.id

Leave A Reply