Igloo adalah rumah yang dibikin dari balok es yang berada di wilayah dingin seperti Kutub Utara. Igloo ini biasanya terbuat dari material es yang berbentuk kubah atau setengah lingkaran.

Rumah unik ini adalah hunian bagi suku Inuit, yakni penduduk asli Amerika yang menetap di tempat-tempat dingin di Kanada Utara dan Alaska.

Dibikin oleh suku Inuit atau Eskimo

Asal-usul Igloo bisa dibilang udah hilang ditelan zaman. Tapi, diketahui kalo suku Inuit atau Eskimo udah bikin rumah Igloo sejak ratusan tahun lalu.

Ceritanya, pelaut bernama Martin Frobisher pas ekspedisinya buat nyari Northwest Passage dan mendarat di Pulau Baffin pada 1576, dia liat desa Igloo Inuit. Suku Inuit ini asli banget Amerika Serikat yang tinggal di tempat-tempat dingin, kayak Kanada Utara dan Alaska.

Orang Inuit dipanggil Inuk, artinya manusia, atau kadang disebut Eskimo. Mereka mirip kayak orang dari Asia Timur, kulit putih dan mata kecil. Biasanya, suku Inuit cari makanan dengan berburu anjing laut dan narwhal.

Selain itu, mereka juga sering jual bulu binatang ke orang Eropa. Selain buat makanan, suku Inuit juga butuh rumah. Rumah yang mereka tinggali disebut Igloo.

Macam-macam Rumah Igloo

Pokoknya, Igloo itu dibuat dari salju yang dipadatkan jadi setengah lingkaran. Setidaknya ada tiga jenis Igloo yang sering dibuat sama orang Eskimo:

• Igloo kecil yang bisa dibikin cuma dalam 1-2 malam dan dipake sementara pas orang Eskimo jalan-jalan bareng.

• Igloo sedang yang dibuat buat rumah yang agak permanen dan biasa ditempati sama dua keluarga.

• Igloo gede yang dibuat buat tempat tinggal sampai 20 orang dan jadi rumah permanen di musim panas.

Kenapa di dalam Igloo tetep hangat?

Meskipun dari balok-balok es, tinggal di dalam Igloo tetep enak hangat. Soalnya, salju itu bisa jadi penyekat suhu dingin. Igloo dibikin dari balok es yang rapet, jadi bisa nahan dingin dan bikin hangat di dalamnya. Hangatnya ini dari tubuh manusia yang keluar pas dingin-dinginnya.

Apalagi, kalo Igloo dipasangin lampu, pemanas, atau dapur buat masak, makin hangat meski suhu di luar bisa minus 46 derajat.

Cara Bangun Rumah Igloo

• Potong balok es di tempat Igloo mau dibangun. Balok es lebih dipilih daripada salju soalnya lebih padet.

• Susun balok-balok es itu jadi kubah dengan parit di sekeliling Igloo sama pintu di depannya.

Walaupun Igloo khas suku Eskimo, mereka gak lama-lama tinggal di situ. Mereka cuma tinggal di Igloo waktu lagi berburu pas musim salju. Kalo buat rumah permanen, Igloo dibuat dari kayu, tulang paus, ditutup kulit ikan hiu.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply