Hampir semua aktivitas di rumah pake listrik, mulai dari nyuci, masak, nyetrika, sampai bersihin rumah. Jadi, nggak heran kalau tagihan listrik bisa bengkak kalau nggak dipake dengan bijak.

Buat antisipasi biar tagihan nggak melonjak, ada beberapa cara buat hemat listrik di rumah. Pastikan kamu dan keluarga ngikutin tips ini setiap hari, ya. Tips ini diambil dari laman resmi OCBCNISP.

Cara hemat listrik di rumah

Ada beberapa cara buat hemat listrik di rumah. Pastikan kamu dan keluarga menerapkannya setiap hari, ya.

1. Cabut peralatan yang nggak dipake

Kamu sering ninggalin charger HP yang masih nancep di stop kontak walaupun udah nggak dipake, kan? Nah, kebiasaan ini harus diubah. Walaupun chargernya udah nggak dipake, arus listrik tetap ngalir di kabel yang masih terhubung. Listrik yang ngalir ini kebuang sia-sia. Jadi, buat hemat listrik, cabut kabel dan peralatan yang udah nggak dipake dari stop kontak.

2. Matikan lampu saat siang hari

Cara termudah buat hemat energi listrik adalah dengan nyalain lampu seperlunya. Siang hari, manfaatin sinar matahari buat penerangan utama. Malam hari, pake lampu hemat energi kayak LED. Terus, matiin lampu pas tidur. Selain hemat energi, tidur dalam gelap bisa bikin tidur lebih nyenyak.

3. Gunakan peralatan elektronik sesuai kebutuhan

Hidupkan kipas angin atau AC kalau lagi sumuk, dan matiin kalau udah nggak butuh. Pilih alat elektronik yang efisien, misalnya setrika dengan pengatur panas otomatis. Kurangi juga penggunaan alat elektronik yang nggak terlalu penting kayak dispenser dan pemanas air. Bisa pake kompor gas buat manasin air, biar tagihan listrik nggak membengkak.

4. Jangan sering buka kulkas

Sering buka kulkas tanpa alasan yang jelas bisa bikin kulkas kerja lebih keras dan ngeluarin energi lebih besar. Ini bakal bikin tagihan listrik naik.

5. Manfaatkan jendela dan ventilasi udara

AC boros energi dan bisa bikin lapisan ozon menipis. Minimalkan penggunaan AC dengan buka ventilasi dan jendela biar udara segar masuk ke rumah. Dijamin, nggak perlu AC lagi.

6. Gunakan air mendidih buat masak nasi

Masak nasi pake air mendidih di rice cooker bisa mempercepat proses pematangan, jadi listrik yang dipake lebih sedikit.

7. Nyalain AC secukupnya

Siang hari, andelin ventilasi atau jendela biar udara segar masuk. Kalau masih panas, pake kipas angin yang konsumsi listriknya lebih rendah.

8. Batasi penggunaan elektronik berdaya tinggi

Ganti perangkat listrik yang berdaya tinggi dengan yang berdaya rendah. Sekarang udah banyak perangkat hemat energi kayak TV dan lampu LED, kulkas, mesin cuci, AC safe energy, dll. Kalau belum bisa ganti, batasi penggunaannya. Misalnya, set timer di AC, pake mesin cuci dua kali seminggu, atur suhu kulkas di level rendah, dll.

Itu dia beberapa cara mudah buat hemat listrik di rumah. Kalau dilakuin dengan disiplin, tagihan listrik bakal lebih terjangkau.

Disadur dari medcom.id

Leave A Reply