Beli Properti

Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk maka meningkat pula kebutuhan akan hunian. Tempat tinggal merupakan kebutuhan primer sekaligus tempat keluarga berkumpul dan sebagai perlindungan dari cuaca luar.

Dari fenomena tersebut, bisa disimpulkan bahwa bisnis properti memiliki peluang yang besar sehingga menjadi pilihan yang menjanjikan. Hanya saja, tak sedikit orang yang berpikir jika ingin terjun ke dunia properti harus memiliki modal yang banyak.

Padahal dengan modal sedikit atau bahkan tanpa modal pun bisa lho. Maka dari itu, berikut ini adalah tips memulai bisnis tanpa modal yang bisa Kamu coba.

1. Mulai dari orang sekitarmu

Cara yang paling gampang untuk memulai bisnis properti adalah dengan memulainya dari orang-orang di sekitarmu. Sebut saja anggota keluarga, teman, atau kolega kantor yang punya rencana untuk membeli atau menjual rumah. Kamu bisa mencarikan atau menjualkan properti, lalu mengambil komisi setelah transaksi selesai.

2. Jalin kerja sama dengan pengembang

Ketika Kamu menjalin kerja sama dengan pihak pengembang properti, Kamu harus mengumpulkan sejumlah informasi penting seperti lokasi properti, harga promosi, serta penawaran-penawaran menarik lainnya. Jangan lupa untuk bertanya terkait spesifikasi rumah atau unit yang ditawarkan seperti luas bangunan dan model hunian agar memudahkanmu mempromosikan properti tersebut.

Ingat, Kamu juga harus cari tahu soal bayaran yang Kamu dapatkan jika berhasil menjual. Karena itu, cobalah membuat perjanjian kerja sama secara tertulis sebagai bukti yang sah agar Kamu tidak mengalami kerugian di masa depan.

3. Mencari calon pembeli

Setelah teken kontrak kerjasama dengan pihak pengembang properti, Kamu bisa mulai mencari calon pembeli yang berpotensi. Kemampuanmu dalam memasarkan produk cukup dibutuhkan untuk meyakinkan calon konsumen untuk membeli rumah yang Kamu tawarkan. Jangan lupa, pahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan calon konsumen agar Kamu bisa menawarkan properti yang sesuai dengan keinginan mereka.

4. Gunakan internet sebagai media promosi

Selain dari orang-orang sekitarmu, Kamu juga bisa menggunakan internet untuk memperluas jaringan promosimu. Media yang bisa Kamu gunakan untuk promosi antara lain media sosial, marketplace, dan website.

Cobalah untuk membuat postingan atau konten yang berisi foto objek properti dengan menyertakan caption atau uraian yang detil agar mudah dipahami konsumen. Dengan begitu, sejumlah cara memulai bisnis properti tanpa modal yang bisa dilakukan, semoga sukses dan berhasil.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply