Beli Properti

Pasaran perkantoran mulai menggeliat lagi nih pada paruh pertama 2023. Semuanya makin positif dan membaik, dan tentunya kondisi ini nggak bisa dipisahkan dari pemulihan setelah pandemi Covid-19, sob.

Arief Rahardjo selaku Director Strategic Consulting Indonesia Cushman & Wakefield, bilang total penyerapan bersih per Juni 2023 ini tembus yang paling tinggi sejak pandemi tahun 2019 kemarin.

“Tanda positif pemulihan permintaan terus berlanjut seperti yang ditunjukkan oleh penyerapan bersih sebesar 69.900 meter persegi, yang tercatat selama kuartal kedua tahun 2023 dan merupakan tingkat penyerapan tertinggi yang pernah tercatat sejak kuartal ketiga tahun 2019,” ungkap Arief dalam risetnya, Jumat (28/7/2023).

Mayoritas peningkatan penyerapan bersih ini, lanjut Arief, masih dari gedung kantor yang udah ada. Dan yang paling kentel banget kontribusinya di pasar bisnis perkantoran kita sekarang ini adalah perusahaan teknologi.

Kalo ngomongin segmen gedung, kantor Grade A dan Grade B berhasil catet penyerapan bersih yang positif sepanjang paruh pertama 2023, sementara kantor Grade C lagi ngalamin penurunan tingkat penyerapan.

“Tingkat hunian rata-rata pasar kantor CBD meningkat sebesar 1,2 persen menjadi 72 persen pada akhir Juni 2023,” imbuhnya.

Walaupun ada tanda-tanda positif, Cushman & Wakefield melaporkan kalau harga sewa dasar dan biaya layanan ruang perkantoran tetap nggak ada peningkatan yang signifikan dan stabil aja.

 Berdasarkan data, harga sewa dasar rata-rata per Juni 2023 masih di kisaran Rp159.100 per meter persegi per bulan. Sementara itu, biaya layanan untuk parkir juga tetap stabil di angka Rp91.600 per meter persegi per bulan. Semoga kedepannya bisa ada peningkatan, ya!

Disadur dari bisnis.com

Leave A Reply