Perawatan Rumah

Air Conditioner atau AC itu salah satu barang elektronik yang penting banget buat bikin hidup di rumah nyaman, ya kan? Kalo misalnya lo pengen pindahin AC yang ada di rumah atau apartemen ke tempat baru, lo harus ekstra hati-hati biar gak rusak. Ini dia risiko kerusakan AC kalo dipindahin secara asal-asalan:

1. Pipa freon rusak: Pipa yang bawa freon itu sensitif banget, jadi pas lo pindahin bisa aja rusak. Kalo pipanya pecah atau bocor, AC gak bakal berfungsi dengan baik di tempat baru. Makanya, kalo rusak, lo harus pasang AC baru dan keluar duit lagi buat biaya pasang dan tenaga kerja.

2. Bilah kipas rusak: Bagian bilah kipas AC juga gampang rusak kalo gak dihandle dengan hati-hati. Kalo bilahnya bengkok atau patah, AC jadi kerja kurang efisien dan boros listrik. Ini bisa bikin tagihan listrik naik dan lo mungkin harus pasang AC baru kalo rusaknya parah.

3. Kompresor rusak: Kompresor itu komponen selanjutnya dalam AC yang bisa rusak pas dipindahin. Kalo rusak, AC gak bisa pompain freon dengan baik dan jadinya gak bisa nyala. Buat menghindari masalah-masalah ini, lebih baik panggil teknisi AC yang pro buat bantuin lo pindahin AC dengan protokol yang bener.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply