Perawatan Rumah

Kalau lo baru aja mutusin buat naruh tanaman lidah mertua (snake plant) di rumah, maka pastiin juga lo beli pot yang tepat. Lidah mertua memang tipe tanaman yang low maintenance alias gampang dirawat, tapi kan bukan berarti bisa asal-asalan.

Nah, penggunaan pot yang pas bisa bikin pertumbuhan tanaman lidah mertua ini makin bagus. Ini nih beberapa materi pot yang bisa jadi pilihan buat tanaman lidah mertua lo, cekidot skuy!

1. Pot terakota

Pot terakota atau pot tanah liat ini adalah salah satu jenis pot ter-deBest buat naruh tanaman lidah mertua lo. Tanah liat itu kan material yang bisa mengering secara natural, jadi pot ini bisa ngebantu lo buat ngejaga tanah biar tak terhidrasi secara berlebihan.

Gak cuman itu, pot jenis ini juga berpori, dan cocok banget buat tanaman yang butuh air sedikit aja seperti tanaman lidah mertua.

Cuma, kalo lo nyimpen pot jenis ini di luar ruangan atau tempat yang tingkat kelembapannya rendah, maka pot ini bisa bikin tanaman jadi lebih gampang kering. Dan tentunya pot jenis ini gampang retak atau pecah jika jatuh.

2. Pot keramik

Pot ini punya tekstur kuat dan tahan lama. Tampilannya juga bikin dekorasi rumah makin cantik. Selain tampilan, pot keramik juga bantu drainase dan sirkulasi udara yang penting buat pertumbuhan lidah mertua.

Cuma hati-hati, pot keramik bisa lebih lama nahan air, jadi harus ekstra hati-hati pas ngairin.

3. Pot plastik

Ringan, awet, dan murah, jadi pilihan yang oke. Gampang dicari di toko perlengkapan rumah. Tapi, plastik kurang bagus buat ngatur aliran udara dan drainase. Nah, dua hal ini penting banget buat lidah mertua.

Juga, plastik bisa nahan air lebih lama dibandingkan yang dari tanah liat atau keramik. Akhirnya, bisa bikin akar-akarnya busuk.

4. Pot beton

Kalo cari pot yang tahan lama dan kuat, pot beton bisa jadi opsi terbaik. Pot beton juga bisa bantu nyediain kondisi yang pas buat pertumbuhan lidah mertua.

Tapi hati-hati, pot beton lebih berat dibandingkan yang lain. Jadi kalo mau mindahin tanamannya, mungkin perlu kerja keras ekstra. Karena sifat beton yang bisa rapuh, mungkin perlu lebih rajin nyiram lidah mertua biar tanahnya gak kering betul.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply