4 Cara Gampang Bikin Rumah Jadi Terlihat Lebih Luas

Salah satu hal yang tak kalah penting dalam rumah adalah dekorasi ruangan. Tak hanya bikin interior jadi ciamik, tapi dekorasi yang tepat juga bisa membuat rumah jadi tampak lebih luas. Ini bisa menjadi solusi buat Kamu yang punya rumah berukuran terbatas tapi ingin membuatnya tampak lebih lega.

Mengutip My Move, Senin (25/7/2022), berikut 4 cara gampang bikin rumah terasa lebih luas:

Cat dinding berwarna terang

Dinding yang berwarna terang akan menciptakan kesan refleksi sehingga membuat ruangan jadi terasa lebih lega sekaligus memanfaatkan cahaya alami. Kamu bisa menggunakan warna putih pudar, hijau atau biru yang lembut. Warna-warna tersebut dapat membuat dinding tampak lebih jauh ke belakang dan bikin ruangan jadi tampak lebih besar.

Maksimalkan pencahayaan

Pencahayaan yang optimal bisa bikin ruangan tampak lebih besar. Akan lebih baik lagi jika Kamu menggunakan pencahayaan alami. Kamu bisa menggunakan penutup berupa tirai tipis jika Kamu memiliki jendela yang besar di rumah.

Kamu pun juga bisa menambahkan pencahayaan buatan yang kreatif seperti lampu gantung untuk menerangi ruangan sekaligus membuatnya tampak lebih luas. Bila perlu, Kamu juga bisa menambahkan tanaman hias di dekat jendela apabila pemandangan di luar rumah tak begitu indah.

Cermin

Cermin dapat memantulkan cahaya alami dan buatan sehingga membuat ruangan jadi lebih terang baik di siang maupun malam hari. Letakkanlah cermin di depan meja kaca atau jendela untuk memberikan efek refleksi yang lebih optimal.

Selain itu, usahakan dinding tidak dipenuhi dengan banyak gambar. Pilih saja satu lukisan yang paling Kamu suka sebagai hiasan dinding agar ruangan tidak terlihat terlalu penuh

Furnitur multifungsi

Furnitur multifungsi sangat cocok sekali untuk menghemat ruangan. Contoh, Kamu bisa menggunakan tempat tidur lipat yang sekaligus bisa menjadi sofa atau tempat tidur dengan laci penyimpanan. Contoh lainnya yaitu meja lipat yang bisa disimpan setelah digunakan atau meja makan yang bisa diperluas.

Gunakan kursi atau sofa dengan tangan atau kaki terbuka agar cahaya dapat masuk melalui celah-celah furnitur. Oh ya, jangan gunakan furnitur tinggi dan besar karena dapat memakan ruangan Kamu.

Disadur dari kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *