Siapa yang tak kenal rumah Joglo? Rumah Joglo adalah rumah tradisional asal Jawa yang ketenarannya sudah go internasional. Hal itu lantaran desainnya yang identik dengan nilai warisan leluhur sehinggu fungsi pembuatannya ada banyak. Tidak cuma buat tempat tinggal aja, tapi juga punya banyak filosofi lainnya.

Untuk lebih jelasnya, cek ulasan berikut ini!

1) Rumah Joglo Mangkurat

Rumah ini lain daripada yang lainnya, jauh berbeda dengan jenis rumah tradisional Joglo pada umumnya. Rumah ini unik lantaran memiliki 3 tingkatan atap. Itupun derajat kemiringannya juga tak sama, atap tengahnya lebih tinggi dari lainnya.

2) Rumah Joglo Pangrawit

Keunikan rumah Joglo Pangrawit ini adalah lambang gantung serta atapnya yang berupa kubah. Terdapat saka di setiap sudut rumah ini. Biasanya beberapa rumah tradisional Joglo modern juga menerapkan desain ini di dalamnya.

3) Rumah Joglo Hangeng

Berbeda dengan rumah Joglo Mangkurat dan Pangrawit, atap utama rumah ini paling besar. Keunikan lainnya adalah ada tratak keliling sehingga menjadikan desainnya seperti istana yang mewah.

4) Rumah Joglo Sinom

Rumah Joglo Sinom ini sebenarnya adalah pengembangan rumah Joglo dengan teras keliling. Umumnya rumah ini memiliki 36 tiang dengan 4 tiang di antaranya adalah tiang utama dan besar. Atap rumah ini memiliki 4 bagian sisi dan 3 tingkatan dengan 1 bubungan sekaligus.

5) Rumah Joglo Jompongan

Rumah ini memiliki 2 atap susun di mana desainnya berupa bubungan memanjang dari sisi kiri ke kanan. Biasanya rumah ini lantainya berupa bujur sangkar dan menggunakan pintu geser. Rumah ini tak memiliki banya hiasan dalam atapnya sehingga membuatnya tampak low profile.

6) Rumah Joglo Panggang Pe

Mulanya rumah yang satu ini digunakan untuk tempat tinggal dan warung. Rumah ini memiliki 4 – 6 saka. Rumah Joglo Panggan Pe memiliki beragam jenis, seperti

Untuk yang satu ini dulunya dimanfaatkan untuk bangunan tempat tinggal dan warung. Ada 4 sampai 6 saja. Yang membuat hunian ini terlihat unik adalah punya bermacam-macam jenis, seperti Empyak Setangkep, Gedhang Setangkep, Gedhang Salirang, Trajumas, Barengan, dan Cere Gancet.

7) Rumah Joglo Lawakan

Keunikan dari rumah ini adalah kesan sederhana pada atapnya lantaran hanya memiliki 2 tingkatan. Atap atasnya runcing tajam sedangkan atap bawahnya landai melebar.

Disadur dari rumah.com

Leave A Reply