Desain Rumah

Lampu gantung merupakan salah satu elemen yang menarik. Selain efektif memberikan pencahayaan pada ruangan, lampu gantung juga relatif tidak memakan tempat. Jika diatur dengan pengaturan yang ciamik, ruangan pun akan tampak sangat spesial. Hanya saja, tak semua orang paham bagaimana caranya menerapkan lampu jenis ini.

Estee Stanley, seorang Editor-at-Large Domaine yang juga seorang dekorator interior menyampaikan, untuk memasang lampu gantung memang harus disesuaikan dengan ruangannya. Ambil rata-rata tinggi badan penghuni rumah, kemudian pastikan lampu tidak terkena kepala pemilik rumah.

“Tentu saja semuanya bergantung pada ruangan, namun aturan yang baik untuk lampu gantung di ruang dengan lalu-lintas padat adalah berasumsi bahwa seseorang dengan tinggi 6 kaki 5 inchi (195,5 cm) berjalan melalui rumah Anda. Lampu Anda idealnya tidak mengenai kepala orang tersebut,” ungkap Stanley.

Sedangkan untuk chandelier atau lampu gantung di atas meja, bagian paling bawah dari lampu gantung tersebut seharusnya berjarak kurang lebih 1 meter.

Menurut Stanley, pemilik rumah juga dapat menyesuaikan lampu gantung sesuai seleranya sendiri. Kamu bisa memasang lampu gantung di hampir semua area di rumah. Mulai dari ruang makan, lorong, bahkan hingga tangga sekalipun.

Di sisi lain, Janell Beals seorang Kontributor Houzz menyampaikan detail yang lebih rinci soal cara menggantung lampu di dalam rumah. Beals memaparkan, di atas meja, sebaiknya lampu gantung digantung dengan jarak antara 71 hingga 81 cm dari permukaan meja. Di tangga, berikan jarak kurang lebih 45 cm hingga 60 cm dari ukuran badan tertinggi penghuni rumah.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply