Kita semua tahu betapa pentingnya warna cat tembok dalam membuat ruang tamu tampak lebih hangat. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Swyfty Home, warna ter-favorit untuk ruang tamu adalah hijau.

Tahun ini warna-warna klasik seperti putih dan krem tersingkirkan oleh warna-warna yang lebih berani dan gelap.

“Hijau adalah warna tahun 2022, menempati posisi nomor satu sebagai warna ruang tamu yang paling dicari ,” ungkap pakar desain dan perdagangan di Swyft Home, Ben White seperti dikutip dari Country Living.

Menurut Ben, meningkatnya kepopuleran warna hijau, baik di dunia interior maupun fashion, sudah diramalkan sejak sebelum tahun 2021. Pasalnya, tren umumnya mulai condong ke arah tampilan alami.  

Berikut adalah 5 warna yang menjadi favorit untuk diterapkan di ruang tamu sepanjang tahun 2022:

Hijau

Warna yang paling pas untuk merepresentasikan tema dekorasi hunian yang terinspirasi alam adalah hijau. Sejumlah pakar dekorasi mengkombinasikan warna hijau dan alami ke dalam interior dengan penggunaan tanaman, kayu, dan terakota.

Sedangkan desainer lainnya lebih memilih tampilan hijau yang lebih dramatis, yakni mengkombinasikan dinding hijau dengan sofa, kursi, dan aksesori beludru hijau.

Abu-abu

Abu-abu merupakan warna yang sangat serbaguna sehingga cocok dikombinasikan dengan palet warna mana pun, baik dengan warna-warna berani atau warna-warna kalem. 

Warna dengan undertone dingin seperti abu-abu akan melengkapi warna dengan undertone hangat seperti burgundy atau terakota sehingga menciptakan sentuhan hangat ke dalam ruangan.

Biru navy

Warna biru navy atau biru laut populer karena dapat membuat suasana hati yang lebih menenangkan. Kamu bisa memadukan warna ini dengan warna biru yang lebih cerah untuk menciptakan kesan yang segar dan energik pada ruangan.

Biru muda

Biru muda merupakan warna yang menenangkan dan tenang, sempurna untuk menemanimu dalam berkontemplasi. 

Warna ini menjadi salah satu favorit kemungkinan besar karena orang-orang ingin membawa lebih banyak nuansa alam ke dalam tempat tinggal mereka.

Tak hanya ruang tamu, warna ini juga cocok diterapkan pada ruang kerja di rumah lantaran dinilai sangat baik untuk meningkatkan konsentrasi.

Hitam

Menggunakan dekorasi ruangan dengan warna hitam membutuhkan lebih banyak pertimbangan ketimbang warna lainnya. Bisa dibilang salah satu keputusan desain yang paling berani.

Namun, kenyataanya ruang tamu yang dicat dengan warna hitam terbukti lebih populer ketimbang warna krem atau putih klasik.

Meskipun merupakan salah satu keputusan desain yang paling berani, ruang tamu yang dicat dengan warna hitam terbukti lebih populer daripada warna putih klasik atau krem.

Sebaiknya Kamu memilih warna hitam yang condong ke arah abu-abu grafit, atau hitam yang bercampur dengan warna biru nan lembut.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply