Teknologi

Buat yang pada belum tau, BP Tapera baru aja launching aplikasi baru loh, namanya Tapera Mobile. Acaranya hybrid, jadi semi online gitu, diadain Rabu (2/8/2023). Yang ikut dalam peluncuran aplikasi ini ada Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Herry Trisaputra Zuna, Komisioner BP Tapera Adi Setianto, dan Dirjen Informasi dan Komunikasi Usman Kansong.

Kata Herry, aplikasi ini khusus buat peserta tapera, pemerintah sebagai penyalur bantuan, bank yang nawarin KPR, sampe pengembang perumahan yang nawarin produknya. Nah, kalo gini kan jadi makin gampang buat nyari info perumahan dan bantuan perumahan.

“Nah ini nanti kalau sudah jadi besar, ya tentu ujungnya menjadi big data perumahan,” kata Herry.

Makanya, pas aplikasi ini udah resmi dan banyak yang pake, buat MBR cari rumah bakal pake sistem housing queue. Nah, sistem housing queue itu kayak antrian buat dapetin rumah, gitu loh. Sebelumnya, sistem ini udah dipake sama pengembang besar di Indonesia buat jualan rumah pake Nomor Urut Pembelian (NUP).

“Nah semua itu ditampung dalam Tapera Mobile,” tambah Herry.

Jadi, di kesempatan yang sama, Adi Setianto nerangin soal softlaunching Tapera Mobile. Nah, tujuan dari softlaunching ini adalah buat liat gimana respon, penilaian, dan koreksi dari peserta tapera, gitu deh, biar bisa diperbaikin sebelum diluncurin secara resmi. Menurut Adi, aplikasi ini bakal bikin proses pembiayaan perumahan buat peserta tapera atau MBR jadi makin gampang! Mantap!

“Aplikasi Tapera Mobile bertujuan untuk mempermudah proses bisnis penyaluran hunian rumah tapera serta pengelolaan tabungan kepesertaan tapera,” ucap Adi.

Proses bisnis aplikasi ini bakal jadi tempat buat mempertemukan masyarakat sama stakeholders atau pihak-pihak yang udah mitra sama BP Tapera, kayak pengembang dan bank. Jadi, semuanya bisa terhubung dan saling kerjasama di aplikasi ini.

“Jadi masyarakat cukup akses satu aplikasi untuk menggapai produk dan layanan kami,” imbuh Adi.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply