Panggung Krapyak atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kandang Menjangan merupakan sebuah bangunan yang bersejarah di Jogja. Bangunan yang berbentuk kubus ini terletak di Kampung Krapyak, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Gak cuma soal sejarah, ternyata bangunan yang sudah berdiri selama ratusan tahun ini juga terkenal cukup angker. Beberapa orang sudah mengalami kejadian mistis ketika melewati Kandang Menjangan ini.

Konon katanya, pada 1990 lalu, ada seorang warga yang mengalami kejadian mistis ketika melewati bundaran bangunan ini. Ketika dalam perjalanan pulang pada malam hari, mobil yang ia kendarai secara sadar justru malah berputar terus-menerus selama tiga kali tanpa berhenti.

Terus, ada lagi seorang mahasiswa yang melihat sosok bayangan putih ketika lampu motornya menyorot ke celah-celah pintu jendela bangunan tersebut. Ketika diperhatikan lebih saksama, sosok tersebut tampak menggantung sembari mengayun-ayunkan kakinya.

Bahkan, kepalanya juga ikutan bergerak ngikutin gerakan dari mahasiswa yang lewat tersebut. Hal itu sontak bikin si mahasiswa ketakutan. Iiihh, serem!

Sejarah Panggung Krapyak atau Kandang Menjangan

Melansir dari pariwisata.jogjakota.go.id, Panggung Krapyak alias Kandang Menjangan ini dibangun pada tahun 1760 lo. Waktu itu, lagi zaman Sri Sultan Hamengkubuwono I yang suka banget sama berburu, mirip kayak Prabu Hanyokrowati (anak Panembahan Senopati).

Tujuan dibangunnya Kandang Menjangan tuh buat ngintai binatang buruan, salah satunya si rusa yang di Jawa disebut ‘menjangan’. Dulu, bangunan ini ada di tengah hutan belantara gitu, jadi tempat yang oke buat ngintai binatang buas.

Bangunan ini gede banget, ukurannya 17,6 meter x 15 meter dengan tinggi 10 meter. Dindingnya dari batu bata merah yang dilapisi semen.

Di setiap sisinya ada pintu dan dua jendela di kanan-kiri. Ada dua lantai juga di bangunan ini. Lantai bawahnya ada empat ruangan yang nyambung lewat lorong, terus lantai atasnya itu terbuka gitu, cuma dibatasin pagar di semua sisi. Nah, itu tempat buat berburu binatang.

Beberapa orang juga curiga kalo bangunan ini dulunya dipake sama prajurit Mataram buat jadi pos pertahanan. Katanya, dari tempat ini bisa ngeliat gerakan musuh dari arah selatan, jadi bisa ngebantu keraton kalo ada bahaya dateng.

Sekarang, Kandang Menjangan udah jadi tempat wisata sejarah. Tapi tetep aja, cerita mistis masih nempel di bangunan itu, bikin makin seru gitu.

Disadur dari liputan6.com

Leave A Reply