Lahan non-produktif atau lahan yang gak kepake alias tanah kosong juga dikenakan pajak, maka dari itu Kamu harus paham cara ngurus PBB lahan kosong beserta dengan metode perhitungannya sebelum kamu dikenakan denda.

Pajak bumi dan bangunan (PBB) merupakan pajak yang bersifat kebendaan, yang mana besarannya ditentukan atas tanah dan/atau bangunan tersebut.

Kalau Kamu punya properti baik itu rumah atau tanah, maka Kamu wajib membayarkan pajaknya, walaupun belum Kamu manfaatin atau belum Kamu apa-apain. Karena itu, lahan kosong juga dikenakan pajak progresif seperti PBB dan Pajak Penghasilan (PPh).

Nah pertanyaannya, gimana ya cara ngurus PBB buat tanah kosong?

Biar lebih jelasnya, cek ulasannya berikut ini.

Begini Cara Mengurus PBB Tanah Kosong

Pertama, semua aturan soal pajak pertanahan udah diatur dalam Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1994. Nah, kalo lu baru aja beli tanah dan mau urus PBB-nya, yang pertama-tama lu lakuin adalah dateng ke kantor pajak terdekat.

Di sana, lu bakal diminta isi formulir Surat Pemberitahuan Objek Pajak (SPOP). Formulirnya bisa lu dapetin gratis di KPP atau KP2KP.

Setelah itu, lu tinggal nunggu aja Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) dibagikan. Biasanya, surat itu bakal dibagiin sama pihak kelurahan atau RT setempat.

Kalo udah dapet SPPT, lu bisa langsung ngurusin PBB tanah dengan melengkapi dokumen-dokumen berikut:

  • Mengisi formulir Permohonan Pendaftaran Objek Baru
  • Mengisi formulir SPOP
  • Fotokopi KTP / Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi Sertifikat Tanah
  • Fotokopi Akta Jual Beli (AJB)
  • Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Melampirkan Surat Kuasa (kalo dikuasakan)
  • Surat Keterangan Lurah (kalo gak ada bukti kepemilikan)

Nah, kalo udah ada SPPT, lu bisa tau deh berapa tagihannya.

Cara Menghitung PBB Lahan Kosong

Trus, buat ngitung PBB tanah kosong, lu perlu tau nih soal pajak progresif. Itu pajak yang persentasenya naik seiring bertambahnya jumlah yang jadi dasar pengenaan pajak.

Cara ngitung pajak tanah kosong mirip kayak ngitung tarif PBB, cuma persentasenya bisa lebih dari 0,5%. Besaran pajaknya beda-beda di tiap daerah, tergantung kebijakan pemerintah setempat.

Kalo udah tau itu, lu bisa langsung ngitung pajak tanah kosong berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dan tarif pajak di daerah lu.

Misalnya, lu punya tanah di Bandung dengan NJOP Rp400 juta, terus tarif pajaknya sekitar 0,5%. Hitungannya kayak gini:

Rp400.000.000 x 0,5% = Rp2.000.000 per tahun.

Itu dia cara ngurusin dan ngitung PBB tanah kosong yang bener, bro. Semoga info ini bermanfaat buat lu, ya!

Disadur dari 99.co

Leave A Reply