Pembiayaan Properti

Buat Kamu para peserta Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang tergabung dalam Badan Pengelola (BP) Tapera, Kamu bisa lho dapetin pengembalian dana tabungan perumahan begitu masa kepesertaannya selesai.

Jadi kalo masa kepesertaannya berakhir gara-gara pensiun buat pekerja, udah 58 tahun buat pekerja mandiri, peserta meninggal, atau gak memenuhi kriteria peserta mandiri selama 5 tahun berturut-turut, baru bisa dapetin dana tabungan.

Cara pengembaliannya dimulai dari Pejabat Pemberi Kerja (PPK) yang perbaharui status pensiun dan TMT (Terhitung Mulai Tanggal) pensiun pegawainya. Terus dari peserta, mesti update data nomor rekening dan bank tujuan di portal kepesertaan.

Kalo ada PNS yang sudah meninggal, ahli warisnya harus kirim dokumen-dokumen lengkap ke BP Tapera, seperti KARIP, surat keterangan ahli waris, fotokopi buku rekening, KTP ahli waris, surat pernyataan kebenaran dokumen, dan surat kuasa ahli waris kalo ahli warisnya lebih dari satu.

Kalo data PPK dan pesertanya udah update dengan benar, BP Tapera bakal kirim instruksi buat balikin tabungannya ke Bank Kustodian, terus Bank Kustodian yang bakal transfer tabungan ke rekening PNS pensiun atau ahli warisnya.

Tapi kalo status pesertanya atau informasi rekeningnya gak lengkap, data PNS pensiun akan dipadankan sama data Tabungan Hari Tua (THT) Taspen. Dan kalo gitu, maksimal akan dikembalikan via Taspen pada minggu pertama bulan ketiga.

BP Tapera pun komitmen bakal balikin Tabungan Perumahan sama hasil pemupukannya buat peserta PNS pensiun atau ahli warisnya paling lama 3 bulan setelah masa kepesertaannya berakhir, kalo status pensiunan dan informasi rekeningnya lengkap.

Kalo punya saudara, orang tua, atau kerabat PNS yang udah pensiun, buruan lakuin beberapa langkah berikut:

  1. Isi form di https://bit.ly/3qaJdQQ atau,
  2. Hubungi BP Tapera lewat Call Center 156 atau 1500 156 atau,
  3. Atau bisa juga hubungi BP Tapera via Whatsapp di nomor 08118 156 156.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply