Desain Rumah

Walaupun gayanya minimalis, tampilan apartemen enggak selalu mesti keliatan polos dan dingin. Bahkan apartemen putih total juga bisa jadi hangat dan elegan asal dipoles dengan pas, dari ruang serba guna sampai kamar tidur.

Berdasarkan buku Ide Desain Interior Apartemen Minimalis (2013) karya Paulus Hariadi yang diterbitkan Griya Kreasi, ruang serba guna itu seperti gabungan dari ruang keluarga, ruang makan, dan dapur tanpa sekat.

Buat yang punya ruang serba guna berbentuk panjang, bisa jadi ada tantangan dalam ngatur ruangnya. Soalnya enggak ada pembatas di antara area itu. Jadi ruang keluarga, ruang makan, dan dapur jadi keliatan nyatu karena enggak ada batasan yang jelas.

Terus, gimana sih cara dekorasi apartemen minimalis biar keliatan elegan, rapi, dan menarik?

Tentukan posisi area

Hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah menentukan posisi setiap area. Misal, Kamu memposisikan area ruang makan berdekatan dengan area dapur.

“Ruang makan ditempatkan di dekat area dapur sehingga tidak terlalu jauh untuk persiapan makan. Sedangkan area yang dekat dengan jendela diposisikan sebagai ruang keluarga,” tulis Paulus dalam bukunya.

Komposisi warna hitam dan putih pada ruang keluarga

Buat dekorasi zona ruang keluarga, coba gabungin warna hitam dan putih. Buat warna putih, kombinasikan sama bahan yang mengkilap. Misalnya, pasang sofa serta kursi berlengan putih dengan meja kopi kaca yang transparan dan mengilat.

Nah, untuk ngebuat kontras, warna hitam bisa dipake di background area ini, misalnya di dinding sofa biar keliatan beda dan jadi pusat perhatian di zona ruang keluarga.

 “Tipe sofa yang digunakan adalah minimalis. Penggunaan lampu tersembunyi juga diterapkan pada latar belakang sofa dan drop ceiling. Untuk mempercantik ruang dan pencahayaan,” terang Paulus.

Hias area credenza di ruang keluarga

Kalau naro TV di depan sofa, cat dinding belakang TV pake warna hitam. Buat lemari panjang buat taro TV sama rak penyimpanan sekitarnya, coba warna putih. Dekorasi kaya vas unik, foto keluarga, bunga bisa ditaro di atas credenza atau buat ngisi rak penyimpanan.

“Warna putih diterapkan pada seluruh bagian ruang sehingga memberikan kesan luas. Warna putih dengan sedikit serat juga diaplikasikan pada lantai. Jenis keramik yang dipilih adalah cut size atau keramik berujung lancip agar kesan elegan bisa dirasakan,” ujar Paulus. 

Warna abu-abu dan cermin di ruang makan dan dapur

Gaya interior minimalis sering main pake warna hitam-putih, tapi abu-abu juga bisa dimasukin. Nah, warna ini bagus buat dapur biar gak keliatan kotor dari masak-masak.

Buat perabot dapur, pilih yang warna putih biar dapurnya keliatan luas dan terang. Buat ngurangin kotoran dari kompor dan biar udara segar, pasang aja cooker hood.

Buat area makan, tempelin cermin di salah satu dinding, trus meja makan ditaro nggak lurus, salah satu sisinya deket dinding yang ada cerminnya. Bisa juga hias area makan pake lampu gantung modern buat tambah elegan. Meja dan kursi di sini, mendingan warna putih aja.

Kamar tidur

Gunakan warna putih dan cermin agar tampak luas

Kamar tidur di apartemen minimalismu juga bisa lho pake warna putih biar tampak makin luas, elegan, dan mewah. 

“Lemari pakaian diposisikan di salah satu sisi samping dengan menggunakan finishing cermin sehingga memberikan kesan semakin luas,” kata Paulus.

Hadirkan warna lain agar ruangan terasa hangat

Biar ruangan nggak tampak steril-steril amat, coba pake parket buat lantainya biar ada kesan hangat. Buat variasi, pake warna-warna gelap sebagai aksen lewat beberapa furnitur. Misalnya, bantal dekoratif yang motifnya hitam-putih, seprai sama sarung bantal coklat, atau lampu meja putih dengan garis hitam.

Elemen dekoratif lain yang perlu dipertimbangkan

Kalau mau nambah gaya, taruh meja kecil sama lampu meja di samping tempat tidur, asal masih ada tempat kosongnya. Kalau ada ruang yang kosong di salah satu ujung kamar, coba diubah jadi tempat duduk yang serasi dengan sisa kamar tidur, saran dari si Paulus gitu.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply