Pantai Parangtritis menjadi salah spot wisata kondang di sisi selatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini ada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, yang jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Jogja.

Gak mengherankan kalau banyak wisatawan yang main-main ke Jogja gak mau melewatkan liburan tanpa berkunjung ke Pantai Parangtritis. Soalnya pantai ini memang ada daya tariknya tersendiri. Nah, ini dia beberapa fakta seru tentang Pantai Parangtritis yang patut kamu simak:

1. Penuh mitos dan legenda

Banyak banget cerita mistis di Pantai Parangtritis. Salah satunya mitos tentang Nyi Roro Kidul yang konon menguasai pantai selatan sini. Katanya juga jangan pake baju hijau, bisa celaka soalnya warnanya mirip sama ombak.

2. Menghadap langsung ke Samudera Hindia

Pantai Parangtritis punya view langsung ke Samudera Hindia, bro! Makanya pantai ini punya pemandangan ke arah laut lepas yang keren banget.

3. Cocok buat nonton matahari tenggelam

Di Pantai Parangtritis, kamu bisa sambil santai nontonin matahari tenggelam, loh. View-nya ke arah barat, jadi pasti bakal dapet momen sunset yang kece abis.

4. Ada palung berbahaya

Ini nih yang perlu diwaspadai, ombaknya Parangtritis sering keras banget, apalagi di sekitar palung. Nah, kalo nggak hati-hati, bisa bahaya, loh!

5. Ada gumuk pasir keren

Gumuk pasir di sini tuh fenomena alam yang asik banget. Bisa foto-foto, main jip, atau bahkan surfing di sini!

6. Ada lagu dari Didi Kempot

Pantai Parangtritis bikin Didi Kempot jadi inspirasi buat bikin lagu, lho! Lagu Parangtritis yang diciptakan Didi Kempot masih jadi hits sampe sekarang. Cocok buat yang lagi galau-galau sendirian di pantai.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply