Hadi Tjahjanto selaku Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) nyerahin 205 sertifikat tanah dari program Konsolidasi Tanah (KT) Non Pertanian di Kelurahan Sumberarum, Moyudan, Kabupaten Sleman pada Jumat (16/02/2024), bro.

Sertifikatnya langsung dibagi-bagi door to door, lalu duduk ngumpul atau ngariung bareng masyarakat yang nerima sertifikat.

Pas acara itu, Menteri Hadi kasih apresiasi ke warga yang rela ngurangin tanahnya buat bangun fasilitas umum, kebanyakan jalan gitu buat lingkungan sekitar.

Trus, setelah dapet sertifikat konsolidasi tanah, Menteri Hadi bilang nilai tanah yang dimiliki warga bisa naik sampe tiga kali lipat. Mantap kan!

“Hari ini saya bertemu para dermawan yang ikhlas memberikan tanahnya sehingga masyarakat di sini memiliki akses ke rumahnya masing-masing tanpa harus memutar atau meloncati rumah tetangga. InsyaAllah akan sejahtera karena jalan masuk rezekinya lancar. Terbukti setelah diserahkan harga tanahnya naik tiga kali lipat,” katanya.

Naiknya harga tanah itu gara-gara rencana mau bangun fasilitas umum di Kelurahan Sumberarum, bro.

Pokoknya, bakal dibangun di area seluas 78.056 meter persegi. Totalnya, luas Tanah untuk Pembangunan (TP) sekitar 6.917 meter persegi.

Nah, tanah itu bakal jadi jalan baru sekitar 6.330 meter persegi, ada juga saluran air sekitar 392 meter persegi, trus pelebaran jalan lingkungan sekitar 167 meter persegi, dan pos keamanan lingkungan sekitar 28 meter persegi.

“Harapannya hal seperti ini bisa ditularkan di tempat-tempat lain karena masyarakat tentunya perlu akses jalan apabila belum ada akses jalan,” paparnya.

Bro, Konsolidasi Tanah bisa jalan berkat bantuan dari banyak pihak, lo! Ada pembangunan jalan lingkungan dan saluran air yang didukung sama dana desa dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT). Terus juga ada program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang bantu bangun jalan lingkungan.

“Masyarakat ikhlas untuk memberikan tanahnya dan untuk pembangunannya dibantu dengan program-program seperti TMMD dan dana desa akhirnya kita lihat jalan ada, drainase juga ada. Kalau sudah ada sertifikat tanah yang dilepaskan akan aman dan keuntungannya nilai tanah akan naik, itu terbukti,” tambah Menteri Hadi.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply