Mie koclok itu salah satu makanan khas Cirebon yang terkenal banget. Nama “koclok” sendiri konon katanya adalah akronim dari ‘Mi Khasnya Orang Cirebon yang Lebih Okay’. Yang mencetus ide ini adalah Pak Edy, pemilik warung mi koclok pertama di tahun 1945. Sekarang udah banyak yang ikutan bikin mie koclok juga. Salah satunya yang legendaris banget di Cirebon adalah Mie Koclok Mang Sam.

Kuliner Legendaris Sejak Tahun 1951

Mie Koclok Mang Sam udah ada sejak tahun 1951. Sekarang, usaha ini udah dipegang generasi ketiga. Konsistensi rasa jadi salah satu daya tarik utama mie koclok ini. Karena itu, pengunjung selalu antri di Mie Koclok Mang Sam. Kalau kamu datang ke sana, siap-siap aja buat sabar antri.

Rahasia Kenikmatan Mie Koclok Mang Sam

Mie koclok paling enak disantap saat masih panas karena kuahnya dari santan yang dicampur tepung kanji. Kalau dibiarkan dingin, kuahnya jadi kental banget. Rasanya unik, gurih, dan sedikit asin.

Seporsi Mie Koclok Mang Sam biasanya terdiri dari mie, daging ayam suwir, telur iris, kol, tauge, dan tentu aja kuahnya yang khas. Kuah kental warna putihnya bikin nagih. Isiannya juga banyak, jadi satu porsi aja udah bikin kenyang.

Menu Lain Selain Mie Koclok

Konsep Mie Koclok Mang Sam sederhana, cuma dijajakan pakai gerobak. Meskipun begitu, pelanggannya banyak banget dan datang dari mana-mana.

Selain mie koclok, Mang Sam juga punya beberapa menu lain. Ada Gado-gado Ayam, Miedo (Mie Gado-gado), dan Hundo (Bihun Gado-gado). Tapi tetep, mie koclok yang paling laris dan jadi favorit.

Alamat dan Harga Mie Koclok Mang Sam

Penasaran pengen coba mie koclok ini? Langsung aja ke Jl. Pekiringan, seberang Apotik Pasar Balong, Cirebon Kota. Mereka buka dari Senin sampai Sabtu, mulai jam 18:00 sampai 23:00 WIB.

Untuk harganya, satu porsi mie koclok dibanderol Rp18.000 per Januari 2019. Harga yang terjangkau banget dengan rasa yang ditawarkan.

Meski banyak kuliner enak di Cirebon, Mie Koclok Mang Sam ini wajib banget dicoba. Selain legendaris, citarasa uniknya bikin ketagihan. Dijamin kamu bakal pengen nambah lagi dan lagi!

Disadur dari travelingyuk.com

Leave A Reply