Penting Lho Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Sebelum Menjual Rumah

Mau jual rumah second? Nih, ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan, salah satunya Surat Tanda Terima Setoran PBB. Penting banget nih, soalnya notaris/PPAT bakal cek apakah tanah dan/atau bangunan masih ada tunggakan PBB atau nggak. Kalo belum bayar PBB, proses bikin Akta Jual Beli (AJB) nggak bisa lanjut, lho. Biar proses jual beli rumah lancar, pastiin bayar PBB tiap tahunnya ya. Kalo ternyata masih ada tunggakan, coba cari tau gimana cara bayar PBB, sanksi apa aja yang bisa kena, sampe besaran denda kalo telat bayar PBB. Intip aja di artikel berikut. Pahami soal Pajak Bumi dan Bangunan alias PBB PBB… Continue Reading

Pahami Aturan Pajak Rumah Mewah dan Cara Ngitungnya

Aturan soal pajak rumah mewah dengan rumah biasa itu beda. Kalau pembelian rumah mewah itu bakal dikenakan pajak khusus di luar Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Tapi, tentunya pengenaan pajak ini juga gak bisa asal-asalah, ada sejumlah aturan yang harus melandasinya. Biar lebih jelasnya, cek ulasan berikut ini! Nah, jadi apa sih pajak rumah mewah? Pajak rumah mewah atau PPnBM properti itu sejenis pajak yang dipatok buat properti yang berkelas tinggi, Bro. Jadi, gimana hitungannya? Cekidot, PPnBM ini dikenakan buat hunian mewah kayak rumah-rumah mewah, apartemen keren, kondominium, dan townhouse. Tapi, bukan… Continue Reading