Memilih warna cat untuk bagian dalam rumah atau interior memang terlihat gampang. Tetapi, pada prakteknya akan memakan banyak waktu dan pertimbangan hingga seseorang benar-benar bisa mengambil keputusan. Warna cat yang tepat bisa membuat sebuah ruangan menjadi lebih hidup dan semakin nyaman untuk ditempati.

Untuk menemukan warna cat tembok yang cocok buat interior rumah, Kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

Cari inspirasi warna

Majalah dan katalog bisa menjadi rujukanmu ketika mencari sumber inspirasi. Dan jangan lupa, dengan internet pun Kamu bisa menemukan ribuan halaman inspirasi.

Sebagai contohnya adalah situs media sosial seperti Instagram dan Pinterest, situs-situs tersebut menawarkan inspirasi warna-warna terbaru. Sedangkan website perusahaan cat umumnya memperlihatkan cara menemukan campuran cat yang tepat.

Berkreasi dengan warna netral

Katakanlah Kamu memilih warna cat netral, hal itu tak berarti warna tersebut harus tampak biasa-biasa saja. Kamu bisa meningkatkan palet warna netral dan mengkreasikan cara penggunaannya. Dinding bergaris dalam warna netral akan membuat ruangan tampak santai.

Mencari ide di luar ruangan

Salah satu cara untuk menemukan warna yang sesuai adalah dengan membawa warna-warna alam ke dalam ruangan. Kamu bisa memilih warna-warna yang lazim ditemui di alam seperti biru pantai yang santai atau sejuknya hijau dedaunan.

Jangan lupa untuk mencoba warna cat favoritmu setiap saat, siang dan malam atau dalam kondisi jendela tertutup dan terbuka agar mendapatkan tampilan realistis dari cat yang Kamu pilih.

Lihat inspirasi di lukisan

Rahasia seorang desainer interior adalah menyaring warna dari berbagai macam lukisan yang ada di sebuah rumah. Mayoritas pelukis adalah ahli warna dan cahaya, menciptakan skema warna untuk karya mereka.

Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari hal tersebut dengan memilih warna dari karya seni lukis yang menghiasi hunian.

Coba warna yang lebih terang atau lebih gelap

Terkadang yang Kamu butuhkan untuk menemukan warna cat interior yang cocok hanyalah sedikit penyesuaian. Pertimbangkan menggunakan warna yang lebih terang atau lebih gelap sebelum Kamu mengambil keputusan.

Hal paling penting dari semua langkah di atas adalah dengan selalu mencoba aplikasi dari setiap warna cat yang Kamu pertimbangkan.

Bila memungkinkan, cobalah untuk meminta sampelnya di toko cat dan lihat bagaimana hasilnya ketika diaplikasikan ke dinding rumah Anda.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply