Pantai Kejawanan merupakan salah satu pantai utara pulau jawa yang berada di Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Spot wisata ini memiliki pemandangan pantai yang khas serta sangat digemari oleh masyarakat lokal.

Daya Tarik Pantai Kejawanan

Pantai kejawanan adalah pantai yang cukup dangkal sehingga Kamu bisa bermain air di kawasan ini, bahkan Kamu juga bisa berenang-renang sampai ke tengah pantai, asal jangan ke tengah laut aja ya hehe.

Tak hanya berenang, Kamu juga bisa berkeliling pantai dengan menyewa perahu motor maupun perahu karet dari para nelayan.

Jika beruntung, Kamu bisa melihat para nelayan yang sedang bongkar muat ikan, hal ini lantaran pantai Kejawanan berdekatan dengan Pelabuhan Cirebon. Foto-foto bongkar muat dan perahu nelayan terlihat ok juga lho di instagram.

Btw, ternyata pantai Kejawanan juga punya mitos-mitos yang saat ini masih dipercaya oleh warga lokal. Mitos-mitos tersebut terkait dengan air laut yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti diabetes, asam urat, bahkan hingga stroke.

Pantai Kejawanan juga punya panorama sunset yang menarik. Kamu bisa melihat sunset di pantai yang memiliki banyak pohon rindang ini. Bagi warga lokal, melepas rutinitas sejenak sambil menatap indahnya sunset menjadi hiburan tersendiri. Bayangan siluet kapal-kapal di sekitar pantai juga memberikan pemandangan sore yang eksotis.

Kawasan pantai juga menyediakan kuliner seafood dengan pemandangan laut. Kuliner di kawasan pantai juga bisa menjadi alternatif makan siang Kamu beserta keluarga.

Harga Tiket Pantai Kejawanan

Agar bisa berhealing-healing ria di pantai Kejawanan, Kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10 ribu/orang. Harga tiket pun juga bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika Kamu membawa kendaraan pribadi, Kamu akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 10.000 untuk bus. Fasilitas yang terdapat di kawasan wisata ini berupa mushola, toilet, maupun penginapan.

Rute Pantai Kejawanan

Jarak antara Pantai Kejawanan dan Kota Cirebon kurang lebih 7 km dengan waktu tempuh kurang lebih 14 menit.

Rute perjalanan akan melewati Jalan Duku Semar, Jalan Ahmad Yani, Jalan Pantura, Jalan Kalijaga, dan Pantai Kejawanan. Selain itu, Kamu juga bisa mengikuti papan petunjuk menuju pelabuhan.

Jika Kamu datang dari Jakarta, Kamu bisa melalui Jalan Raya Pantura atau Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cipali. Jarak tempuh kurang lebih 215,5 kilometer dengan menempuh waktu kurang lebih 3 jam.

Jika Kamu bertolak dari Jawa Tengah, khususnya Semarang, Kamu bisa melalui Jalan Raya Pantura. Jarak tempuh kurang lebih 246 kilometer dengan memakan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply