Banyak sekali obyek wisata di Kota Cirebon, salah satunya adalah Pantai Kejawanan yang berada di sebelah utara Kota Cirebon. Tepatnya berada di Jalan Yos Sudarso dan tak jauh dari Pelabuhan Cirebon.

Kamu bisa menikmati atraksi wisata yang ada di Pantai Kejawanan. Berikut adalah 5 hal yang bisa Kamu lakukan di Pantai Kejawanan, Cirebon, Jawa Barat.

Naik Kapal

Ada sejumlah kapal nelayan yang bertengger di pinggir pantai, kapal-kapal tersebut setiap harinya bersedia untuk mengantarkanmu dan para wisatawan lainnya untuk berkeliling di sekitar pantai utara Jawa ini.

Dengan harga yang berkisar Rp 5.000 – Rp 10.000, para nelayan ini bersedia membawamu berkeliling hingga kurang lebih satu kilometer dari tempat kapal bersandar.

Ambil Foto

Bukan rahasia lagi, laut adalah salah satu obyek fotografi yang menarik untuk diabadikan. Tak hanya itu, aktivitas yang berhubungan dengan laut pun juga tak kalah menarik untuk didokumentasikan.

Kamu bisa memotret beragam aktivitas di Pantai Kejawanan ini seperti kapal para nelayan yang sedang merapat ke pinggir pantai.

Ditambah lagi, Kamu juga melihat dengan jelas Gunung Ciremai yang berada di sebelah selatan Pantai Kejawanan. Momen yang pas untuk memotret Gunung Ciremai adalah ketika sunrise atau sunset

Duduk santai

Ada satu medan berbatu di Pantai Kejawanan yang jaraknya hampir satu kilometer membelah laut. Di sana Kamu bisa bersantai menikmati suasana pantai sambil duduk-duduk. Mungkin sambil ngopi ala-ala anak senja enak kali ya.

Namun, perlu diingat Kamu tidak boleh melewati batas berbentuk pagar yang telah dibangun. Pagar tersebut berfungsi untuk melindungi Kamu dan para wisatawan lainnya agar tidak terlampau jauh ke arah tengah laut.

Pantai Kejawanan adalah obyek wisata alam laut, hal yang perlu Kamu waspadai adalah ketika air laut pasang dan ombak yang besar.

Makan Cemilan

Ada sebuah warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan untuk para wisatawan. Kamu bisa memesan kopi, teh manis, air mineral, nasi rames, mie instan, dan beberapa makanan dan minuman lain.

Menyantap cemilan dengan duduk lesehan sembari memandang laut lepas pantai utara Jawa dan juga kapal-kapal nelayan dan barang yang bersandar akan terasa nikmat sekali.

Sunset

Salah satu waktu terbaik ketika mengunjungi Pantai Kejawanan adalah pada sore hari menjelang matahari terbenam. Sinar matahari akan menghilang secara perlahan-lahan dan langit pun akan berwarna biru dan jingga kemerahan.

Ini juga merupakan momen yang pas untuk diabadikan. Kamu bisa mendapatkan foto-foto berupa siluet-siluet kapal, manusia, dan juga bangunan-bangunan yang ada di sekitar pantai.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply