Tahu gak siy Kamu, di Jogja ada loh tempat estetik yang dulunya merupakan bekas penambangan batuan. Yak, tak lain dan tak bukan adalah Tebing Breksi.

Tempat wisata yang berlokasi di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY ini ditetapkan sebagai Taman Wisata Tebing Breksi sebagai salah satu geoheritage Yogyakarta sejak 2015 lalu.

Jarak Tebing Breksi dari kota Jogja kurang lebih 17 km dengan waktu tempuh sekitar 28 menit ke arah Candi Prambanan.

Daya tarik Tebing Breksi

Tebing Breksi punya daya tarik berupa pemandangan dinding tebing dengan ornamen patahan yang artistik, kayak kue lapis. Patahan tersebut terbentuk jutaan tahun yang lalu dan sebagai imbas dari penambangan.

Tebing Breksi ini instagrammable, cocok buat foto-foto, termasuk buat foto prewedding, wedding, bahkan untuk acara seperti kopdar komunitas, event musik, dan lain sebagainya juga cocok.

Kamu bisa naik ke tebing untuk melihat pemandangan sekitar dan menikmati sunset di sore hari. Lokasinya pun juga berdekatan dengan beberapa lokasi wisata lainnya, seperti Candi Ratu Boko dan  Candi Ijo.

Wisata Tebing Breksi

Jeep Wisata 

Kamu bisa berkeliling dengan mengendarai jeep. Tarif jeep berkisar Rp 310.00-Rp 550.000 termasuk asuransi. Harga sewa jeep tergantung durasi serta jarak tempuh perjalanan.

Rute yang ditawarkan antara lain yaitu Tebing Breksi, Spot Riyadi, Candi Banyunibo, Arca Gupolo, Tebing Banyunibo, Candi Barong, Selo Langit, Batu Papat, maupun Candi Ijo. Oh ya, satu jeep maksimal untuk 3 penumpang.

Sunset Gala Dinner

Di sini Kamu juga bisa mengadakan Sunset Gala Dinner bareng keluarga atau kolegamu. Fasilitas yang tersedia pada sunset gala dinner ini bermacam-macam, seperti tempat coffee break, meja kursi, makan malam, bebakaran, panggung, serta sound dan akustik.

Paket yang disediakan untuk sunset gala dinner dibanderol seharga Rp 3.750.000/10 orang. Kalau dirasa masih kurang, Kamu bisa menambah menu atau fasilitas lainnya, seperti seperti api unggun Rp 50.000, organ tunggal Rp 1.500.000, maupun kambing guling Rp 3.500.000.

Harga Tiket Tebing Breksi

Harga tiket masuk Tebing Breksi sangat terjangkau, untuk dewasa dan anak-anak cukup ceban saja alias Rp 10 ribu. Sedangkan untuk turis mancanegara dewasa maupun anak-anak adalah Rp 20 ribu.

Jam buka Tebing Breksi

Selama weekday (Senin-Jumat), Tebing Breksi buka pada jam 06.00-18.00 WIB. Sedangkan pada weekend (Sabtu-Minggu), Tebing Breksi buka pada jam 06.00-22.00 WIB.

Rute Tebing Breksi dari Yogyakarta

Rute yang dilalui akan cukup menanjak, maka dari itu Kamu harus memastikan kendaraanmu dalam kondisi prima.

Rute perjalanan ke Tebing Breksi adalah menuju ke arah Candi Prambanan, sesampainya di pertigaan Pasar Prambanan ambil arah kanan menuju Piyungan. Lalu, dari Piyungan Kamu dapat mencari petunjuk ke arah Candi Ijo.

Sebagai informasi, jarak tempuh dari Piyungan ke Tebing Breksi kurang lebih 3 km. Setelahnya, pengunjung ambil jalan ke kiri sebelum SDN Sambirejo, dari lokasi tersebut Kamu tinggal menempuh jarak sekitar 1 km untuk sampai ke Tebing Breksi.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply