Kamu bisa menyulap tembok rumah yang kosong dan polos dengan menambahkan beragam hiasan seperti bingkai foto atau lukisan. Tak hanya itu, Kamu juga bisa menambahkan cermin atau aksen-aksen kayu agar rumah tampak lebih mewah.

Namun, tahukah Kamu ada cara lainnya yang memungkinkan Kamu untuk mempunyai dinding dengan satu warna tapi tetap tampak mewah ? Yakni dengan mengaplikasikan wall moulding.

Wall moulding merupakan sebuah teknik mendekorasi dinding menggunakan cetakan agar terdapat bagian tembok yang menonjol. Cetakan ini bisa dibuat menggunakan bentuk cetakan yang sudah ada atau khusus sesuai keinginan.

Jika mendekorasi dinding rumah dengan galeri, lukisan, atau pajangan lainnya, maka Kamu membutuhkan warna-warna tambahan. Berbeda dengan wall moulding yang memanfaatkan tekstur yang menonjol untuk mendekorasi dinding rumah. Bagian yang menonjol pun bisa terbuat dari berbagai macam material, seperti PVC, kayu, atau gypsum.

Biasanya wall moulding tidak diaplikasikan pada semua sisi ruangan, melainkan hanya pada satu sisi ruangan atau dinding saja. Pasalnya, wall moulding memang digunakan sebagai aksen untuk menonjolkan satu sisi pada ruangan.

Kamu bisa memilih warna cat tembok mana saja yang Kamu suka. Warna gelap untuk menciptakan kesan elegan atau warna terang untuk memberikan kesan luas.

Atau bisa juga dengan mewarnai bagian cetakan dengan warna aksen sesuai dengan desain interior untuk membuat ruangan tampak lebih mewah dan berwarna.  

Berikut kelebihan lainnya yang bisa Kamu peroleh dengan mengaplikasikan wall moulding sebagai hiasan dinding:

1. Kesan Elegan

Kamu tak perlu menambahkan warna atau banyak hal lainnya untuk menciptakan kesan elegan dalam ruangan. Kamu cukup dengan menambahkan tekstur pada dinding rumah, cat berwarna gelap, dan pencahayaan yang strategis.

2. Fleksibel

Wall moulding bersifat fleksibel dan bisa diaplikasikan di ruangan mana saja. Mulai dari bagian depan di ruang tamu, hingga bagian belakang di kamar mandi. Wall moulding juga cocok diterapkan dalam konsep desain interior mana pun, terutama untuk desain minimalis hingga klasik.

3. Solusi tembok tak simetris

Kamu juga bisa menutupi kekurangan tembok dengan wall moulding, tembok yang kurang rapi atau tak simetris misalnya. Hiasan wall moulding bisa mengalihkan mata orang yang memandang, sehingga kekurangan pada dinding tak akan mudah terlihat.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply