Desain Rumah

Pandemi yang telah berlangsung lebih dari 2 tahun ini telah mengubah semua cara beraktivitas banyak orang. Sejumlah orang kini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, yang pada akhirnya bikin mereka mulai memprioritaskan rumah. Menjelang 2023, beragam desain terus mendorong kenyamanan dan stabilitas di rumah.

Adalah Kathy Kui, seorang desainer interior sekaligus founder Kathy Kuo House, menyebutkan, saat ini ada begitu banyak hal yang terjadi di dunia yang sering kali tak memiliki kepastian dan bikin stres.

“Saya memperkirakan kita akan melihat pergeseran menuju keseimbangan, ketenangan, dan kesederhanaan dalam hal desain rumah,” ujarnya. 

Dikutip dari Better Homes and Gardens, Jumat (11/11/2022), berikut sejumlah tren desain interior yang bakal populer di 2023 seperti berikut ini. 

Rumah sadar lingkungan

Pada 2023 nanti, Kuo menyebutkan konsumen bakal mendesain ruang yang selaras dengan alam tetapi juga memberikan unsur menarik di dalamnya. Diperkirakan sejumlah bahan sintetis, seperti akrilik, organik, serta tekstur berlapis, bakal menjadi bahan yang banyak dipilih untuk meningkatkan ketenangan.

Kuo meramalkan, konsep minimalis dengan siluet sederhana dan bahan-bahan alami akan ramai dicari orang, hal ini mendorong konsumen untuk mencari tenunan halus dan pilihan kayu.

Desain berkelanjutan pun akan tetap menjadi perhatian utama lantaran baik konsumen maupun pakar rumah menghadvokasi rumah yang lebih hijau serta mendorong pemanfaatan bahan terbarukan seperti, wol, kapas, gabus, bambu, dan linoleum di seluruh elemen desain, mulai dari lantai, tekstil, furnitur, bahkan bahan bangunan.

Desain holistik

Leslie Banker, desainer interior dari Leslie Banker & Co, menyebutkan orang lebih mementingkan desain interior rumah yang bisa membuatnya merasa lebih nyaman, bahagia, sehat, serta produktif.  Terkait hal ini, warna dapat mempengaruhi suasana hati dan pencahayaan dapat mempengaruhi produktivitas sehari-hari.

“Keinginan untuk menggali lebih dalam hubungan antara rumah, kesehatan, dan kebahagiaan penghuninya akan mendominasi semua keputusan desain pada 2023,” ujar Banker

Warna kaya dan jenuh 

Pada 2023 nanti, warna merah tua, coklat, dan hijau akan mendominasi. Meredith Ellis dari Meredith Ellis Design memprediksi bakalan ada peningkatan warna merah di masa mendatang.

“Beberapa orang ragu-ragu untuk memasukkan merah ke dalam rumah mereka, tetapi dengan semua orang keluar dan bepergian lagi, saya melihat orang-orang menjadi lebih berani dalam pilihan mereka,” tambahnya. 

Interior serbaguna

Di 2023 nanti, ruangan harus multifungsi. Alexandra Aquadro dari AGA Interior Design menekankan betapa pentingnya untuk mengembangkan interior yang fleksibel secara bijaksana dan terarah.

“Dapur bukan hanya dapur; ini adalah tempat untuk menghibur dan terkadang menjadi tempat bekerja rumah pada hari kerja. Karena alasan ini, area multiguna semakin diminati,” kata Aquadro. 

Oase di rumah

Scott Sanders dari Scott Sanders LLC menyebutkan jika akan ada perubahan dari putih dan monokromatik menjadi skema yang mengobarkan semangat. Pasalnya, banyak yang melanjutkan perjalanan pascapandemi, pemilik rumah membawa barang-barang tertentu dari perjalanan mereka kembali ke rumah.

“Orang-orang sangat ingin memiliki rumah yang berbicara tentang mereka dan pengalaman mereka daripada desain masa lalu yang diredam dan minimal,” ungkapnya.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply