Perawatan Rumah

Dapur adalah ruangan yang khusus untuk mengolah makanan. Maka dari itu, Kamu harus betul-betul menjaga kebersihan dapur agar terhindar dari tikus. Sebab, tikus akan senang sekali berlama-lama atau bahkan bersarang di dapur.

Kamu tenang saja, Kita ada nih tips untuk mencegah tikus bersarang di dapur. Mengutip Family Handyman, berikut 4 tips mencegah tikus bersarang di dapur:

1. Tutup akses masuk

Tikus dapat dengan mudah masuk ke rumah jika terdapat sedikit lubang atau celah. Tikus memiliki bentuk tubuh yang elastis yang membuatnya mudah masuk ke dalam lubang, sekalipun lebarnya hanya kurang dari 1 inci. Apalagi kalau ada makanan yang membuatnya tertarik, wah makin jago dia.

Oleh karena itu, periksa semua bagian dapur apakah ada lubang atau celah yang bisa dimanfaatkan oleh tikus. Cek bagian bawah kompor, belakang kulkas, laci, kabinet, dan tempat tersembunyi lainnya.

2. Tutup rapat semua makanan

Yang paling gampang untuk menarik perhatian tikus adalah sisa-sisa makanan. Karena itu seusai memasak, pastikan semua makanan yang telah dibuat Kamu tutup rapat dengan sempurna.

Jika tidak, tikus akan dengan gampangnya bersarang di dapur karena Kamu sudah memberikan peluang menyediakan makanan untuknya.

3. Jaga kebersihan dapur

Ingat, Kamu juga harus menjaga kebersihan dapur. Sedikit saja makanan tersisa atau terjatuh di lantai, maka tikus dapat dengan mudah bersarang di dapur meski Kamu sudah menutup rapat semua makanan dengan sempurna.

Asal Kamu tahu, tikus sanggup bertahan hidup dengan hanya sejumlah kecil makanan atau kurang lebih 3 – 4 gram dalam sehari. Walau secuil sisa makanan yang tak terlalu terlihat, tetapi itu sudah cukup bagi tikus untuk menjadikannya incaran.

Jangan lupa juga untuk terus membersihkan dapur dengan pembersih karena wewangian yang dihasilkan dari pembersih tersebut sangat dibenci oleh tikus. 

 4. Peppermint

Selain dengan larutan pembersih, Kamu juga bisa menggunakan cara alami yang bikin tikus lari dalam sekejap, yaitu dengan menggunakan peppermint. Aroma segar dan kuat yang dihasilkan oleh peppermint ini ternyata sangat dibenci oleh tikus.

Caranya mudah saja, Kamu bisa mencari spray peppermint lalu semprotkan pada area yang paling sering dilewati tikus. Selain itu, essential oil beraroma mint juga bisa menjadi alternatif sebagai pengharum ruangan sekaligus mengusir tikus.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply